Kenali Berbagai Alat-Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Dalam sebuah laboratorium tentu ada berbagai peralatan yang digunakan dengan kegunaannya sendiri, anda tentunya perlu untuk mengenal alat-alat laboratorium beserta fungsinya. Banyaknya alat tidak perlu membuat anda menjadi bingung karena fungsinya bisa ditempatkan masing-masing dengan mengenalnya terlebih dahulu untuk lebih memudahkan anda saat menggunakannya. Mungkin perlengkapan laboratorium ini terlihat sederhana tetapi membingungkan saat digunakan.
 

Labu Destilasi

Tabung ini memiliki bentuk seperti tabung biasa dengan bagian bawahnya bulat bola, sedangkan di bagian atas terdapat penutup dari karet dengan lubang untuk tempat termometer. Di bagian tengah pipa tambahan karena memang labu ini digunakan untuk destilasi larutan.
 

Gelas Beaker

Gelas ini dibagi menjadi dua jenis corong yaitu yang menggunakan karet atau gelas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau budget lab. Gelas beaker ini digunakan untuk lebih memudahkan dalam memindahkan larutan dari satu wadah ke wadah lainnya namun bisa juga difungsikan untuk melakukan proses saring jika sudah diberikan kertas saring.
 

Buret

Merupakan pipa panjang yang dibagian tengahnya ada pemutar khusus yang bentuknya seperti keran, sehingga buret ini memang digunakan untuk melakukan titrasi serta pada kondisi tertentu dapat digunakan untuk mengukur volume suatu larutan.
 

Gelas Ukur

Seperti namanya anda bisa menggunakan gelas ukur ini memang digunakan untuk mengukur volume larutan. Tetapi ada syarat yang perlu diperhatikan yaitu gelas ini hanya dapat digunakan untuk tingkat ketelitian yang standar, namun jika anda membutuhkan pengukuran volume larutan dengan tingkat ketelitian lebih detail maka akan lebih baik menggunakan pipet ukur
 

Filler

Biasanya untuk filler ini dibuat dengan bahan karet yang fungsinya adalah untuk menghisap larutan dari dalam botol untuk digunakan pada kebutuhan lainnya. Terutama untuk larutan yang bukan air maka sebaiknya menggunakan filler ini agar lebih aman dan terjamin kualitasnya.
 

Desikator

Alat lab yang satu ini bentuknya seperti mangkok dengan penutup dan bagian atas seperti tutup botol. Anda bisa memanfaatkan  dua jenis desikator yaitu dengan vakum atau yang biasa, fungsi dari desikator ini adalah untuk menjadi wadah penyimpanan untuk berbagai zat yang harus bebas dari air serta mengeringkan zat tertentu.
 

Indikator Universal

Indikator ini seperti kertas panjang berbentuk stik dengan warna khusus yang diatur di dalamnya. Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat keasaman suatu larutan, setelah stik dicelupkan maka tinggal menyesuaikan warna yang muncul dengan standar yang sudah ada pada alat tersebut.
 

Corong Pisah

Bagian atas dari corong pisah ini seperti botol yang mengerucut di bagian bawah yang terdapat putaran seperti keran. Fungsi dari alat ini adalah untuk memisahkan dua larutan yang tidak bercampur disebabkan oleh adanya perbedaan massa jenis dari larutan yang dipisahkan.
 

Spatula Khusus

Untuk spatula ini ada dua jenis yang banyak digunakan yaitu logam dan plastik sehingga penggunaannya bisa disesuaikan dengan sifat zat kimia yang akan diambil karena ada beberapa zat yang akan bereaksi jika bertemu dengan logam sehingga penggunaan bahan plastik sangat direkomendasikan.

Mungkin selama ini anda sudah sering melihatnya namun belum mengetahui secara tepat apa fungsi dari alat tersebut di laboratorium. Sehingga perlu adanya pemahaman alat-alat laboratorium beserta fungsinya yang tepat untuk dilakukan. Dengan begitu anda bisa mengaplikasikan setiap alat-alat laboratorium beserta fungsinya dengan baik dan benar tanpa perlu bingung atau bahkan salah dalam menggunakannya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *