Apa Itu Buret Kimia

Apa Itu Buret Kimia Dan Bagaimana Menggunakannya?

Buret kimia adalah perlengkapan lab yang umumnya dibuat dari bahan kaca. Dan digunakan untuk memindahkan cairan kimia dengan ukuran volume tertentu.

Untuk memindahkan cairan kimia lebih umum dikenal dengan menggunakan pipet sedangkan buret biasanya digunakan untuk pemindahan cairan dengan teknik titrasi.

Buret memiliki bentuk tabung atau silinder yang lurus dan panjang, dengan bagian ujung bawah yang meruncing dilengkapi dengan kran untuk mengendalikan intensitas tetesan cairan yang akan dipindahkan.

Seperti pada pipet, bagian sisi tabung buret dilengkapi dengan garis-garis ukuran untuk menghitung volume cairan. Buret memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi di mana buret kimia kelas A memiliki tingkat akurasi hingga 0,05 cm3.

Berdasarkan dengan jenisnya, buret kimia dibagi menjadi 3 jenis yaitu buret makro, semimikro, dan buret mikro. Buret makro memiliki kapasitas 0,1 ml – 50 ml, semimikro memiliki kapasitas 0,05 ml – 25 ml, sedangkan mikro memiliki kapasitas 0,02 ml – 10 ml, dan 0,01 – 5 ml.

Untuk proses titrasi biasanya buret diposisikan berdiri menggunakan ring stand sehingga tangan pengguna bisa mengontrol kran, dan tangan lainnya mencampur larutan.

 

Cara membaca buret kimia yang benar

Buret adalah alat pengukur cairan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Agar tingkat kesalahan makin minim maka ada cara yang harus diperhatikan. Agar hasil lebih akurat pengguna harus hati-hati melakukan pembacaan.

Ketika membaca ukuran yang ditunjukkan oleh garis meniskus pandangan mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan. Salah satu hambatan dalam pembacaan buret adalah objek dilatar bekarang. Karena objek di latar belakang buret yang bisa memengaruhi akurasi pandangan pengguna sehingga ada baiknya untuk membaca buret menggunakan kartu.

Ambil kartu atau kertas putih kemudian gambar sebidang area lalu blok dengan warna hitam. Tempatkan kartu di belakang buret kimia sehingga pembacaan tidak terganggu dengan objek acak yang bisa mengalihkan pembacaan yang akurat.

Jika buret yang digunakan memiliki garis dengan warna selain merah, garis berwarna putih misalnya, maka gunakan kartu atau kertas dengan warna yang kontras dengan warna garis.

 

Membersihkan buret kimia agar selalu akurat

Setelah selesai menggunakan buret kimia, buang cairan sisanya kemudian bersihkan tabung buret menggunakan pencuci hingga bersih. Lalu kemuadian bilas menggunakan air suling, kemudian copot krannya.

Apabila buret baru saja digunakan untuk titrasi cairan dengan sifat alkali atau basa sesegera mungkin dibersihkan karena cairan tersebut bisa menyebabkan beku pada tutup kran.

Seiring dengan pemakaian buret kimia, makin lama akan terkumpul material padat pada bagian ujung buret (sama halnya dengan pipet). Dan harus dibersihkan dari waktu ke waktu agar saat proses titrasi volume tetesan yang keluar bisa konstan.

Cara untuk membersihkan material padat ini bisa dengan menggunakan kawat kecil yang dimasukkan ke dalam tabung. Sebelumnya sebaiknya kran pada buret dilepas terlebih dahulu. Sehingga material padat yang sudah berhasil dilepas dari ujung buret bisa dikeluarkan melalui lubang kran.

Hal lain yang mesti dibersihkan pada buret kimia adalah gelembung udara yang bisa mengurangi tingkat akurasi pembacaan ukuran. Cara membersihkan gelembung udara yang biasanya ada di sekitar kran ini adalah dengan memasukkan cairan titran ke dalam buret  kemudian buka kran sampai penuh.

Bisa juga dengan memasukkan ujung buret ke dalam gelas kimia berisi titran, pasang filler atau bulb pada ujung atas buret lalu sedot sambil dibuka kran buretnya. Gelembung udara yang ada pada kran akan naik ke atas tanpa ada udara lagi yang masuk ke dalam buret.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *