Apa Saja Bagian-bagian Laminar Air Flow?

Cara Kerja Laminar Air Flow

Prinsip kerja Laminar Air Flow sebenarnya sangat sederhana. Instrumen ini mengambil udara dari luar atau ruangan lalu diproses dengan cara penyaringan melalui dua filter, yaitu pre-filter dan HPEA (High Effeciency Particulate Air Filter) hingga steril dan dialirkan ke dalam ruang Laminar Air Flow. Hembusan angin yang dialirkan ke dalam laminar air flow stabil.
Kabinet LAF juga dilengkapi dengan Ultraviolet, yang berfungsi untuk menghilangkan pengotor serta mikroorganisme yang tidak diinginkan. Kecepatan aliran udara dari Laminar adalah 0.3 – 0.5 m/s. Tujuannya untuk melindungi produk dari kontaminasi yang berasal dari ruang laboratorium.

Bagian-bagian dari Laminar Air Flow

Panel kendali

Panel kendali adalah tombol yang digunakan untuk operasional Laminar Air Flow. Terdapat beberapa jenis panel kendali yang digunakan ada yang berbentuk saklar ada juga yg berbentuk LCD dan bahkan sudah dilengkapi dengan panel touchscreen.

Lampu LED

Lampu LED digunakan untuk memberikan pencahayaan yang cukup di dalam meja kerja laminar air flow. Ada beberapa tipe LAF dengan lampu LED yang bisa diatur tingkat kecerahannnya.

Lampu UV

Lampu UV berfungsi untuk sterilisasi. Lampu UV dapat mereduksi bakteri dengan cara yang aman. Lampu ini biasanya dinyalakan selama 30 menit sebelum memulai pengerjaan dan setelah selesai.

Pre-filter

Terdapat 2 filter yang terdapat dalam Laminar Air Flow. Pre-filter merupakan filter pertama yang dilalui oleh udara dari luar. Filter ini memiliki poro-pori yang berukuran 5 mikro meter.

HEPA Filter

HEPA filter adalah High Efficiency Particulate Air. Filter ini berperan sangat penting untuk penyaringan udara yang masuk. Pori-pori saringan HEPA filter berukuran 0,3 mm. HEPA Filter standar setidaknya harus menapis partikel maksimal 0,3 micrometer sebanyak 99,97%. Jika membutuhkan standar filter yang lebih tinggi bisa menggunakan ULPA filter yaitu Ultra Low Particulate Air. Filter ini harus selalu dicek untuk menjamin kualitas udara yang dihembuskan. Filter ini perlu diganti secara
berkala.

Blower

Blower berfungsi untuk menyalurkan udara yang sudah disaring ke ruang kerja Laminar Air Flow. Udara akan keluar dari posisi depan atau atas. Hembusan udara diusahakan selalu stabil, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lemah.

Frame penyangga dan roda

Laminar air flow dilengkapi dengan dudukan yang kuat dan stabil untuk menopang
berat Laminar Air Flow. Selain itu juga roda yang dapat memudahkan proses
perpindahan Laminar Air Flow jika diperlukan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.