Autoklaf untuk sterilisasi

Inilah Bagian-Bagian Autoklaf Listrik dan Fungsinya!

Autoklaf pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh Charles Chamberland. Autoklaf berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalah auto berarti diri dan clavis yang berarti kunci. Meski demikian, autoklaf kini merujuk pada alat sterilisasi. Khususnya dalam dunia medis, maupun teknik lainnya. Di dalam dunia medis sendiri seiring berjalannya waktu kini muncul autoklaf listrik.

Autoklaf listrik ini memiliki berbagai keunggulan bila dibandingkan dengan autoklaf konvensional. Khususnya dari sumber energi panas yang digunakan. Autoklaf konvensional masih menggunakan api atau kompor sebagai tenaga penghasil panas. Sementara untuk autoklaf listrik sumbernya berasal dari aliran listrik. Apa saja bagian dari autklaf listrik tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

Bagian autoklaf yang perlu Anda ketahui

Dalam autoklaf listrik, terdapat beberapa komponen atau bagian penting yang diperlukan untuk menudukung kinerja autoklaf dalam kondisi baik ketika digunakan. Bagian-bagian tersebut harus dalam keadaan prima agar hasil tes autoklaf dapat akurat dan bisa terbaca oleh dokter maupun petugas medis. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

  • Timer

Bagian pertama pada autoklaf listrik adalah timer. Fungsi dari timer ini adalah untuk mengatur waktu berapa lama proses sterilisasi medis sesuai dengan kebutuhan. Bedanya, untuk autoklaf sederhana tidak memiliki timer, sebab masih menggunakan kompor sebagai pemanasnya dan bukan menggunakan listrik.

  • Katup uap

Kedua bagian yang terdapat dalam autoklaf listrik adalah katup uap. Meski ukurannya cukup kecil namun bagian ini sangatlah penting. Khususnya dalam mengeluarkan uap air saat proses sterilisasi berlangsung.

 

  • Pengukur tekanan

Ada pula dalam autoklaf adalah bagian pengukur tekanan. Fungsinya tidak lain adalah untuk mengetahu berapa tekanan uap di dalam autoklaf. Terutama ketika Anda sedang melakukan proses sterilisasi. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan dalam proses tersebut sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada pula katup pengaman yang bisa mengunci penutup autoklaf.

  • Tombol on/off

Bagian keempat dan tidak kalah pentingnya adalah tombol on/off. Ini pasti akan Anda temukan pada semua autoklaf listrik. Bila tombol ini tidak berjalan dengan baik atau rusak, maka bisa dipastikan autoklaf tidak akan bekerja secara baik. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan korsleting bila tidak ditangani.

  • Termometer

Selanjutnya adalah termometer. Sterilisasi akan membutuhkan suhu yang berbeda-beda dan tergantung pada benda yang disterilkan. Dengan adanya termometer bisa mengetahui suhu yang dibutuhkan selama proses sterilisasi.

  • Sumber panas

Adanya lempeng sumber panas dapat membantu proses perubahan energi listrik menjadi energi panas. Lempengan ini biasanya terbuat dari lilitan kawat maupun tembaga dalam menyalurkan energi panas. Khususnya ketika digunakan dalam proses sterilisasi.

  • Skrup pengaman

Bagian lainnya pada autoklaf listrik ialah skrup pengaman. Fungsai dari skrup pengaman ini dapat menjaga tekanan uap di dalam mesin. Namun, Anda harus memastikan skrup tersebut terpasang secara rapat dan baik.

  • Daya angsa

Daya angsa ini memang penting dan ada di autoklaf listrik. Fungsinya untuk batas bagi penambahan air. Berbeda dengan autoklaf biasa, tidak ada daya angsa namun menggunakan alumunium container dalam meletakkan benda yang disterilkan. Bagian lainnya adalah vacum yang bisa menghisap udara dan uap dari ruang sterilisasi.

Autoklaf adalah alat dalam laboratorium medis yang berguna untuk sterilisasi selain autoklaf ketahui juga alat sterilisasi yang ada di katalog produk IBS.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa bagian pada autoklaf listrik yang perlu Anda ketahui. Khususnya dalam proses streilisasi benda-benda medis baik di rumah sakit maupun klinik.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *