Bagian Autoclave Yang Wajib Anda Ketahui

Bagian Autoclave Yang Wajib Anda Ketahui

Tentunya wajib bagi Anda untuk mengetahui bagian bagian autoclave, hal ini bertujuan agar Anda bisa menggunakan mesin yang satu ini dengan baik dan maksimal. Sebab autoclave bukanlah mesin sembarangan, autoclave merupakan alat yang digunakan dalam mensterilkan peralatan dengan menggunakan uap pada tekanan tinggi jenuh pada 121˚C dalam jangka waktu 15 hingga 20 menit. Namun hal ini sebenarnya tergantung pada ukuran maupun isi pada peralatan tersebut. Alat ini sendiri banyak digunakan, terutama pada mikrobiologi, kedokteran hingga kedokteran gigi. Namun ukuran yang digunakan bervariasi karena tergantung pada besarnya alat yang akan disterilkan. Alat ini sendiri diciptakan pada tahun 1879 oleh Charles Champberland.

  1. Tombol pengatur waktu

Salah satu bagian bagian autoclave adalah tombol pengatur waktu, dimana tombol ini memiliki fungsi utnuk mengatur lamanya waktu proses sterilisasi yang akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Hal ini tentunya sangat mempermudah Anda sebab tidak akan kerepotan, namun tidak semua autoclave memiliki bagian ini. Autoclave yang masih sederhana belum memiliki tombol ini, sebab masih memanfaatkan bantuan air panas dengan kompor bukan dengan listrik. Pastinya hal ini akan sangat membuat Anda repot, jadi pastikan bahwa ketika membeli autoclave memiliki tombol ini. Sebab kerepotan akan terasa apabila Anda harus mensterilkan banyak alat yang diperlukan.

  1. Katup uap

Walaupun katup uap merupakan bagian paling kecil dari autoclave namun hal ini memiliki manfat yang sangat besar, sebab dengan adanya benda ini maka menjadi jalan keluarnya uap air sehingga proses sterilisasi dapat berjalan dengan lancar. Tentunya semua alat dapat bersih dengan sempurna, sebab alat yang disterilisasi pada alat ini merupakan alat kedokteran sehingga tidak menjadi tempat bersarangnya bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

  1. Pengukur tekanan

Tentunya ketika ingin mensterilkan alat maka Anda harus mengetahui berapa tekanan uap pada autoclave, hal ini bertujuan agar alat tersembut bersih dengan sempurna. Sebab setiap alat membutuhkan tekanan uap yang berbeda dalam membersihkannya, namun Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mencari tau mengenai berapa tekanan uap pada autoclave. Karena terdapat pengukur tekanan uap yang akan sangat membantu Anda dalam mengetahui berapa besar tekanan uap yang terdapat pada autoclave ketika proses sterilisasi sedang dilakukan. Jadi alat tersebut dapat dibersihkan dengan baik.

  1. Katup pengaman

Pastinya ketika proses sterilisasi pastinya harus dipastikan bahwa tutup autoclave dapat terutup dengan baik, jadi tidak akan keluar. Apalagi nantinya proses ini akan menggunakan uap tegangan tinggi, namun Anda tidak perlu khawatir mengenai tutup autoclave yang dapat terbuka. Sebab terdapat katup pengaman yang memiliki fungis untuk menahan dan mengunci penutup autoclave, jadi ketika uap akan keluar maka tutup tidak akan mudah terbuka.  Jadi walaupun terlihat sederhana, namun banyak sekali manfaat yang dimiliki katup pengaman.

  1. Termometer

Tentunya setiap alat memiliki suhu uap yang berbeda dalam proses sterilisasinya, sebab hal ini bergantung pada jenis bahan yang digunakan pada alat tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan alat ukur untuk mengetahui apakah uap yang digunakan pada proses sterilisasi untuk alat tersebut sudah sesuai atau tidak, namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab terdapat termometer pada autoclave yang berfungsi untuk mengetahui bahkan membatu dalam mengamati suhu yang dibutuhkan, oleh sebab itu wajib bagi Anda mengetahui bagian bagian autoclave.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *