Rak Tabung Reaksi dan Cara Penggunaana

Sebelum Masuk Lab, Kenalan Dulu Sama Alat-Alat Laboratorium Kimia Beserta Fungsinya Berikut Ini

Laboratorium kimia memang menjadi tempat yang penuh dengan berbagai alat khusus yang digunakan untuk melakukan penelitian atau percobaan menggunakan bahan kimia, maka mengenal alat-alat laboratorium kimia beserta fungsinya bisa dilakukan sebelum masuk lab tersebut. Setiap alat tentunya memiliki karakteristik dan fungsinya sendiri yang harus anda pelajari bersama. Dengan begitu akan tepat untuk memanfaatkan fungsinya secara lebih optimal.

Ada berbagai macam alat-alat laboratorium kimia beserta fungsinya yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik.

Tabung Reaksi dan Raknya

Tabung reaksi digunakan untuk membuat reaksi untuk jenis benda cair karena tidak memiliki penutup maka disediakan rak tabung reaksi yang akan membuatnya aman ketika sedang digunakan tidak akan terjatuh atau bahkan tumpah.

Kaki Tiga

Pada beberapa kebutuhan penelitian maka jika membutuhkan ada zat yang dipanaskan maka kaki tiga ini bisa berfungsi untuk penyangganya sehingga anda tidak perlu bingung ketika proses pemanasan berlangsung.

Tabung Erlenmeyer

Tabung ini juga digunakan untuk mereaksikan suatu zat atau cairan yang dibuat lebih kecil di bagian bawahnya sehingga akan sangat cocok digunakan untuk menampung larutan agar tidak sampai tumpah bahkan jika sedang dikocok karena beberapa zat memang harus dikocok terlebih dahulu untuk mencampurkannya.

Lemari Asam

Ini merupakan lemari khusus yang digunakan untuk tempat penyimpanan larutan yang bersifat asam. Anda bisa dengan mudah tinggal memasukkannya setelah tombol alat dinyalakan. Pintu dari lemari ini hanya boleh dibuka setengah badan dan pastikan anda menggunakan masker serta sarung tangan ketika membuka lemari ini demi keamanan diri.

Centrifuge

Alat ini digunakan untuk memisahkan atau mengendapkan suatu larutan dengan mudah. Anda hanya tinggal memasukkan tabung ke dalam alat ini kemudian alat ini akan segera mengendapkan atau memisahkan padatan dari larutan yang dimasukkan ke dalamnya. Sehingga anda bisa mengerjakan pekerjaan sambil menunggu hasil alat ini yang memang cukup praktis digunakan.

Neraca

Tentu anda sudah sering mendengar kata neraca atau kata lainnya seperti timbangan. Alat ini memang digunakan untuk menimbang zat yang diperlukan untuk proses lab selanjutnya. Namun sebelum menggunakannya anda harus memastikan bahwa neraca tersebut sudah dalam keadaan stabil. Setelah tombol dinyalakan maka anda harus memberikan alas sebelum melakukan penimbangan. Anda juga harus memperhatikan dengan baik terkait batas maksimal dan minimal yang bisa ditimbang menggunakan neraca ini.

Alat-Alat Laboratorium Dengan Penggunaan Listrik

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan baik ketika menggunakan berbagai alat laboratorium terutama yang menggunakan sumber listrik. Berikut beberapa catatan tersebut yaitu :

  • Anda harus mengetahui fungsi dan cara kerja alat dengan baik agar tidak sampai terjadi kesalahan yang dapat membahayakan
  • Membaca petunjuk penggunaan alat dan pedoman praktikum sangatlah penting untuk dilakukan
  • Alat harus dijauhkan dari sumber air untuk menghindari adanya resiko lainnya. Memastikan posisinya diletakkan cukup nyaman untuk digunakan dan pas dengan kondisi dari alat itu sendiri
  • Memeriksa dengan baik kelengkapan alat sudah terpasang dengan baik dan benar sehingga fungsinya bisa optimal dan tidak cepat rusak mengingat harganya tidaklah murah untuk dibeli

Tidak perlu khawatir karena setiap alat pasti dibekali dengan petunjuk penggunaan, sehingga yang perlu anda lakukan adalah memeriksanya dan belajar terlebih dahulu. Oleh karena itu mengenal secara lebih detail mengenai alat-alat laboratorium kimia beserta fungsinya adalah hal yang sangat penting.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *