Langkah Mudah Cara Penggunaan Pipet Ukur dengan Aman

Pipet ukur adalah salah satu alat yang digunakan di berbagai macam laboratorium. Alat ini termasuk ke dalam alat gelas. Cara penggunaan pipet ukur harus dengan cara yang benar agar aman. Salah satu fungsi penting ialah Untuk mengambil larutan dengan ukuran tertentu. Ukuran dari pipet ukur ini bermacam-macam dari ukuran 1 ml, 2 ml, 5ml, 10 ml dan seterusnya. Pipet ukur salah satu alat laboratorium kimia yang paling sering digunakan. Alat laboratorium kimia yang satu ini memiliki fungsi yang spesifik pada setiap jenis pipet ukur.

Eppendorf Training 1

Fungsi Pipet Ukur 

Alat laboratorium ini memiliki fungsi hampir sama dengan pipet lainnya. Yang mana Pipet ukur berfungsi untuk memindahkan cairan atau larutan ke dalam wadah dalam berbagai ukuran volume dan skala terbesar adalah 50ml. Ada 2 jenis pipet ukur yaitu pipet serologi dan pipet mohr. 

  1. Pipet serologi, Pipet harus dikosongkan sepenuhnya. 
  2. Pipet mohr, Pipet hanya dikosongkan ke tanda kalibrasi terendah karena cairan yang tersisa bukan bagian dari volume yang diinginkan. 

Sementara dari bahan pembuatannya sendiri ada 2 macam pipet ukur, yang terbuat dari plastik dan kaca.

Ada beberapa pipet ukur dengan brand terkenal yang memasarkan jenis-jenis pipet ukur tersebut dengan menggunakan kode warna sebagai pembeda yang dilakukan dengan sangat mudah. Warna yang Anda temukan berupa warna kuning,hijau, biru,orange, dan merah.

Pipet ini biasanya digunakan untuk mengambil larutan yang pekat, hal ini ditujukan untuk keselamatan di laboratorium, karena jika mengambil bahan yang pekat menggunakan gelas beker/gelas kimia tentu sangat berisiko ketika menuangkan atau saat mencampurkannya, oleh sebab itu diciptakanlah alat ini untuk mempermudah pemidahan larutan pekat dan juga untuk mengambil larutan dengan jumlah yg tepat dan akurat. Pipet ukur ini lebih teliti dari pada gelas kimia, dan gelas ukur sehingga untuk laboratorium analisa biasanya menggunakan alat ini dalam kesehariannya.

Cara Penggunaan Pipet ukur

Untuk menggunakan pipet ukur, dibutuhkan rubber bulb atau elektronik pipet kontroler. Rubber bulb berupa karet yang digunakan untuk menghisap larutan dari dalam pipet ukur. Elektronik pipet kontroler memiliki fungsi yang sama dengan rubber bulb. Tetapi kontroler ini bekerja secara elektronik.

Berikut cara menggunakan pipet ukut :

  1. Pasang/hubungkan pipet ukur dengan rubber bulb/elektronik pipet kontroler. Pastikan terpasang dengan benar.
  2. Ambil larutan yang ingin dipindahkan,sesuaikan volumenya dan pindahkan ke wadah yang diinginkan.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Gelas Ukur Yang Harus Anda Ketahui

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *