centrifuge adalah

Kenali Centrifuge, Alat Pemisah Partikel

Centrifuge adalah alat pada laboratorium yang digunakan untuk memisahkan partikel organel. Hasil dari pemisahan centrifuge ditunjukkan dalam pengendapan atau sedimentasi karena perbedaan massa jenis larutan. Centrifuge dilakukan dengan cara menempatkan suatu objek yang akan dipisahkan ke dalam rotor dan memanfaatkan gaya tegak lurus terhadap sumbu spin. Jika perputaran semakin cepat, maka sedimentasi atau pengendapan yang terbentuk akan semakin banyak.

Cara Kerja Centrifuge

Bayangkan jika terdapat cairan yang terdiri dari campuran beberapa jenis zat larutan, biasanya cairan ini akan membentuk sedimentasi atau pengendapan pada permukaan cairan dengan berat jenis massa yang lebih rendah berada di bagian paling atas. Namun, proses ini bisa berlangsung selama berjam-jam. Dengan centrifuge, proses ini akan dipercepat dengan cara memutar cairan dengan kecepatan amat tinggi. Partikel yang lebih besar akan secara otomatis menjauh, sedangkan partikel yang lebih kecil akan berkumpul dan membentuk endapan di bagian tengah cairan.

Gaya Sentrifugal

Centrifuge menggunakan prinsip gaya sentrifugal dalam prosesnya, yakni efek semu yang timbul saat benda melakukan gerakan secara melingkar sehingga benda tersebut akan menjauh dari pusat lingkaran. Gaya sentrifugal serupa dengan gaya sentripetal namun memiliki arah yang berbeda. Pada gaya sentripetal, benda akan mendekati pusat lingkaran, sedangkan pada sentrifugal benda akan menjauhi pusat lingkaran.

Jenis Rotor Centrifuge

Terdapat dua jenis rotor dalam centrifuge yakni fixed dan swing out. Pada centrifuge fixed, tabung akan melekat di dalam rotor secara permanen dengan tingkat kemiringan 45 derajat sehingga pengendapan yang terbentuk memiliki kemiringan. Sedangkan, centrifuge swing out memiliki tabung yang melekat pada rotor sehingga tabung akan bergerak secara mendatar mengikuti rotor.

Jika dibandingkan, kecepatan putaran pada centrifuge fixed lebih besar dibanding centrifuge swing out. Namun, hasil dari pengendapan centrifuge swing out berbentuk mendatar sehingga partikel tidak akan mudah terurai saat dikeluarkan dari tube, berbeda dengan centrifuge fixed dengan cairan yang rentan untuk terurai kembali.

Fungsi Centrifuge

Terdapat banyak sekali fungsi dari centrifuge. Pada bidang kesehatan, fungsi centrifuge adalah untuk memisahkan partikel sel darah untuk memperoleh plasma darah maupun serum. Sedangkan, dalam bidang biologi, centrifuge digunakan untuk mendapatkan elemen berkonsentrasi tinggi untuk pemeriksaan kimia ataupun mikroskopik. Centrifuge juga bisa digunakan untuk memisahkan komponen lipid dan memisahkan protein dalam kimia.

Kategori Centrifuge Berdasarkan Fungsinya

Selain jenis rotor, centrifuge juga dibedakan berdasarkan fungsinya yaitu:

Benchtop

Benchtop centrifuge adalah salah satu jenis centrifuge yang lazim digunakan dalam berbagai bidang dengan kecepatan yang beragam. Terdapat beberapa jenis benchtop centrifuge yakni swinging bucket, fixed angle dan continuous flow.

Refrigerated

Seperti namanya, refrigerated benchtop centrifuge digunakan untuk proses sentrifugasi yang sensitif terhadap suhu seperti sel hidup, sel hewan maupun sel protein. Kecepatan dari centrifuge ini beragam dan dapat menampung berbagai volume, mulai dari milliliter hingga beberapa liter.

Clinical Benchtop

Clinical benchtop centrifuge adalah jenis centrifuge dengan kecepatan putar yang rendah dan digunakan untuk pemisahan komponen sel darah putih seperti serum, plasma, buffy coat, hingga pemisahan sel darah merah dan untuk pemisahan cairan tubuh lainnya. Centrifuge ini biasanya memiliki ukuran yang sama dengan ukuran tabung penampung darah.

Microcentrifuges

Microcentrifuges seringkali ditemukan pada laboratorium untuk menampung tabung dengan volume yang amat kecil dibawah 3 mililiter. Terdapat beberapa jenis microcentrifuges di pasaran dengan pilihan pengatur temperatur dan kecepatan putaran yang beragam.

Vacuum

Berbeda dari beberapa jenis centrifuges diatas, vacuum centrifuge adalah centrifuge dengan menggunakan gaya sentrifugal, temperatur dan udara untuk menghilangkan larutan tertentu dalam suatu sampel. Centrifuge ini biasanya digunakan untuk proses pemurnian atau persiapan suatu sampel seperti cairan nucleus, peptide, protein, dan proses evaporasi dari zat tertentu.

Itulah pengertian tentang centrifuge, bagaimana cara kerja serta jenis-jenis centrifuge yang digunakan dalam berbagai macam bidang. Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS) menyediakan berbagai macam centrifuge mulai dari Microcentrifuge, multi-purpose bench top centrifuge hingga centrifugal vacuum concentrator. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi ibs.co.id untuk mendapatkan informasi tentang centrifuge yang lengkap sesuai kebutuhan Anda!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *