Fungsi Inkubator Laboratorium Yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi inkubator laboratorium sangatlah banyak, tidak heran jika benda ini merupakan salah satu benda yang harus dimiliki dalam sebuah lab. Tentunya lab merupakan salah satu tempat untuk meneliti sesuatu atau melakukan suatu penelitian, tidak heran jika di dalam lab terdapat berbagai macam peralatan yang bertujuan untuk menunjang sebuah penelitian yang berfungsi untuk ilmu pengetahuan di masa yang akan datang. Tentunya alat-alat di dalam lab memiliki fungsi tersendiri serta kelebihan tersendiri, salah satunya adalah inkubator laboratorium yang banyak digunakan oleh para peneliti. Pastinya terdapat beberapa perbedaan antara inkubator ini dengan inkubator yang digunakan oleh bayi yang baru lahir, oleh sebab itu sebelum Anda menggunakan lab maka wajib mengetahui mengenai seluk beluk lab termasuk cara menggunakan barangnya yaitu salah satunya adalah inkubator lab ini. 

(Baca juga : Fungsi Inkubator Mikrobiologi)

Apa itu inkubator laboratorium?

Inkubator laboratorium merukan alat yang digunakan untuk menginkubasi atau menumbuhkan mikroorganisme seperti bakteri pada suatu kondisi. Terdapat beberapa kondisi yang diatur di dalamnya seperti kelembapan, suhu udara, dan berbagai hal lainnya yang dapat memberikan pengaruh terdapat pertumbuhan mikroorganisme. Tentunya hal inilah yang membuat benda ini wajib dimiliki oleh setiap lab apalagi jika mereka mengkhususkan diri dalam meneliti sebuah mikroorganisme seperti bakteri. Sebab terdapat beberapa jenis bakteri yang dapat menguntungkan manusia, karena bakteri terbagi dalam 2 macam yaitu bakteri baik dan tidak baik. 

Fungsi dari alat ini

Tentunya terdapat fungsi inkubator laboratorium yang membuat mesin ini begitu banyak dicari dan digunakan oleh para peneliti, salah satu fungsi utamanya adalah mengontrol kondisi lingkungan seperti suhu maupun kelembapan. Sebab hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu dari berhasil atau tidaknya pengembangbiakan bakteri tersebut, karena ketika mengembangbiakkan bakteri maka Anda harus menempatkan pada daerah tertentu yang nantinya akan cocok dengan bakteri tersebut. Hal ini dilakukan untuk bakteri baik yang dapat membantu kehidupan manusia, sebab tidak semua bakteri itu berbahaya. Jadi apabila Anda berencana untuk mengembangkan bakteri maka harus menggunakan alat ini, sebab tanpa alat ini maka bakteri tidak dapat tumbuh. Jadi tidak heran jika hasil akhir dari penelitian Anda sangat tergantung dengan benda yang satu ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *