pengertian kultur sel

Pengertian Kultur Sel, Kelebihan dan Kekurangannya

Bioteknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Ketika ilmu biologi digabungkan dengan kemajuan teknologi yang ada, maka hasil yang didapatkan bisa mendapatkan efek positif dari sana. Salah satu teknik dalam bioteknologi yang sangat sering digunakan adalah kultur sel. Pengertian kultur sel paling mudah untuk dijelaskan adalah memilah sesuai katanya. Kultur adalah budidaya dan sel adalah bagian di dalam sebuah jaringan, seperti di dalam organisme (makhluk hidup).

Itu adalah penjelasan paling mudah, namun tentunya ada penjelasan yang lebih mendalam tentang kultur sel. Anda tertarik untuk mengenal hal ini? Simak penjelasannya yang lebih lengkap di bawah ini.

Pengertian Kultur Sel

Kultur sel adalah budidaya yang dilakukan dengan cara mengambil sel-sel yang terdispersi. Sel ini diambil jaringan asalnya, biasa disebut sebagai kultur primer atau cell line. Sel tersebut nantinya akan tumbuh dengan sendirinya sekaligus bertambah banyak.  Nantinya kultur sel bisa digunakan kepada hewan dan juga kepada tumbuhan. Proses pertumbuhan sel tentunya tetap dikontrol dan juga aseptik agar sesuai dengan tujuan serta hasil yang ingin dicapai. Biasanya sel tersebut diambil dari jaringan eukaryota.

Kultur sel juga biasanya dianggap sebagai koloni sel yang sudah mapan. Dengan kondisi ini, maka proses proliferasi bisa berlangsung tanpa mengenal batas waktu. Tidak berhenti di situ saja, koloni sel juga bisa bermutasi menjadi koloni dengan kultur yang berbeda, atau biasa disebut sebagai sub kultur.

Sebagai bagian dari bioteknologi, kultur sel sebenarnya bukanlah penemuan terbaru, namun menjadi bagian penting. Mengapa bisa begitu? Karena kultur sel menjadi metode utama untuk mempelajari perubahan jaringan atau fungsi sel walaupun tidak ada pengaruh sistemik. Penggunaan kultur sel ini ini biasanya dipakai untuk berbagai macam penelitian, seperti ekologi sel, antivitas intraseluler, instraseluler flux, dan interaksi di antara sel yang ada.

Itulah penjelasan kultur sel secara lengkap. Sekarang saatnya masuk ke dalam pembahasan kelebihan kultur sel. Begitu juga dengan kekurangan dari metode penelitian ini juga.

Kelebihan Kultur Sel

Kelebihan utama dari kultur sel adalah mudah untuk dikontrol sesuai keinginan. Kultur sel juga mudah dikontrol dengan fisikokimia lingkungan. Dari segi biaya sendiri, penelitian dengan metode ini juga terhitung hemat. Mengapa bisa hemat? Alasan utamanya adalah tidak perlu menggunakan banyak tumbuhan dan hewan. Enaknya lagi, mudah untuk dibuat menjadi homogen. Ketika mudah menjadi homogen, maka akan semakin mudah untuk dianalisis. Kelebihan terakhir kultur sel adalah sel bisa hidup di cawan kultur.

Walaupun ada banyak kelebihan di dalam kultur sel, tetap saja ada kelemahan atau kekurangan yang terdapat di metode ini.

Kekurangan Kultur Sel

Kekurangan kultur sel ada beberapa yang patut diketahui, seperti tidak adanya gambaran histologi yang nampak, sulit saat ingin melakukan identifikasi sifat, dan diperlukan keahlian khusus agar bisa menangani kultur sel. Memang, dalam melakukan metode ini, bagi orang yang belum pengalaman akan merasa kesulitan. Perlu orang yang sudah mengerti tentang kultur sel dari luar dalam karena tidak dipungkiri, metode ini cukup sulit. Namun tenang saja, dengan sisi ekonomis yang ada, maka damage cost tidak akan terasa jika terjadi masalah di tengah-tengah penelitian.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana penjelasan lengkap tentang kultur sel. Dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangan, sudah dibahas lengkap di artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.