Rak Tabung Reaksi dan Cara Penggunaana

Fungsi Rak Tabung Reaksi dan Cara Penggunaan Tabung Reaksi

Apakah fungsi rak tabung reaksi? Rak tabung reaksi merupakan salah satu dari alat-alat laboratorium yang berupa non gelas terbuat dari kayu yang berbentuk seperti rak kecil, rak ini digunakan untuk menata atau menyimpang beberapa dari tabung reaksi. Terdapat beberapa lubang lubang di bagian atas rak yang berguna untuk menaruh tabung reaksi supaya bisa berdiri.

 

Fungsi Rak Tabung Reaksi

Fungsi rak tabung reaksi yaitu sebagai tempat untuk meletakkan tabung reaksi yang berjumlah banyak. Rak tabung ini dibuat dari bahan dasar kayu yang berukuran 35 x 7 cm dan dapat menyimpan sebanyak 24 tabung reaksi.

Sedangkan tabung reaksi merupakan tabung yang dibuat dari plastik maupun kaca yang tahan akan perubahan temperatur maupun tahan dari segala reaksi kimia. Tabung reaksi disimpan di atas rak tabung baik tabung  yang ada tutup dan juga yang tanpa tutup.

Tabung reaksi dikenal dengan Culture Tube atau Test Tube. Culture tube merupakan sebuah tabung reaksi yang tidak ada bibir biasanya dipakai dan digunakan untuk pembiakan mikroorganisme dalam skala cair.

 

Tabung Reaksi

Tabung reaksi terbuat dari kaca bening berbentuk huruf-U yang besarnya kira-kira seukuran jari tangan orang dewasa dan  supaya dapat terlihat oleh para peneliti atau analis untuk melakukan proses reaksi kimia. Tabung ini juga tahan akan panas, hal tersebut dikarenakan proses untuk reaksi kimia dengan membutuhkan panas.

Biasanya reaksi kimia yang memakai tabung ini adalah reaksi oksidasi atau reaksi oksidasi. Ukuran tabung reaksi sangat bervariasi baik dari segi ukuran maupun dari diameternya atau segi panjangnya. Maka dari itu membutuhkan rak tabung reaksi dengan berbeda-beda lubangnya.

Sebelum membelinya Anda harus mengetahui secara pasti Fungsi rak tabung reaksi  maupun tujuannya. Terdapat beberapa versi dari panjang tabung reaksi antara lain: 23 ; 12 ; 14 ; 22 ; 15 ; 16 ; 11 ; cm, sementara untuk diameter tabung reaksi bervariasi dari 2.2 ; 1 ; 1.2 ; 1.9 ; 1.6 cm.

 

Fungsi Tabung Reaksi

Penggunaan tabung reaksi supaya dapat mempermudah pekerjaan di laboratorium biasanya menggunakan rak tabung dengan berbagai ukuran yang bervariasi dijual. Adapun fungsi tabung reaksi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sebuah wadah untuk menampung reaksi kimia dalam skala medium.
  • Untuk melakukan percobaan reaksi kimia dalam skala kecil.
  • Sebagai wadah untuk perkembangbiakan mikroorganisme dalam media cair.
  • Untuk mencampur, menampung, dan memanaskan bahan kimia dalam jumlah yang kecil.
  • Untuk pengujian kualitatif.

 

Penggunaan Tabung Reaksi

Penggunaan tabung reaksi biasanya diisi air ke dalam sebuah gelas beker yang diletakkan terbalik air yang terisi tersebut berguna untuk menangkap gas, tabung reaksi biasanya disimpan pada sebuah rak khusus, klem, dan tang.

Rak tabung tersebut didesain dengan berbagai posisi biasanya horizontal, supaya dapat memaksimalkan permukaan tabung reaksi dan perkembangbiakan di dalamnya. Pada umumnya dalam tahap pemanasan bahan kimia yang memakai tabung reaksi terdapat 2 cara.

Cara pertama, dipanaskan terlebih dahulu tabung reaksi tersebut ke dalam gelas kimia yang sudah diisi air dan kemudian menggunakan kompor / heater pembakar spiritus untuk proses pemanasan. Cara yang terakhir agar selalu memegang tabung reaksi dengan menggunakan jepit oleh penjepit tabung.

Tidak boleh dengan tangan kosong, harus selalu memakai penjepit tabung reaksi maupun memakai sarung tangan yang tahan panas supaya tangan Anda tidak terkena dampak panas dari reaksi kimia kemudian untuk selanjutnya dibakar secara langsung di atas api.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *