kelebihan dan kekurangan viskometer cup and bob

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Viskometer cup dan bob?

Viskometer merupakan instrumen laboratorium yang digunakan untuk mengukur tingkat viskositas sebuah cairan. Viskositas adalah kekentalan fluida. Dalam berbagai industri, informasi tentang kekentalan zat ini sangat penting. Ambil contoh industri otomotif. Industri ini sangat membutuhkan viskometer untuk dapat mengetahui tingkat kekentalan oli agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Hingga saat ini sudah banyak beredar beragam jenis viskometer. Fungsinya pun berbeda-beda. Mulai dari viskometer ostwald hingga viskometer cup dan bob. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai viskometer cup and bob. Apa itu viskometer cup and bob? Apa kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan viskometer jenis lainnya?

Mengenal viskometer cup dan bob

Viskometer cup and bob merupakan salah satu jenis viskometer yang sering digunakan di laboratorium. Alat ini memiliki fungsi utama sebagai instrumen yang mengukur viskositas atau tingkat kekentalan suatu fluida. Ciri khas dari viskometer ini adalah interiornya yang tersusun atas dua silinder. Silinder pertama berfungsi sebagai penampung sampel dan silinder kedua sebagai rotor penggerak mesin.

Cara kerja viskometer cup dan bob

Untuk menguji sampel menggunakan viskometer cup dan bob, caranya cukup mudah. Sebagai langkah awal, siapkan terlebih dulu sampel dari fluida yang akan diuji. Volumenya tidak perlu terlalu banyak karena bisa berisiko tumpah. Setelah sampel siap, kini waktunya Anda menggunakan viskometer cup dan bob.

Cara kerja viskometer cup and bob sebenarnya sangat sederhana. Dengan memanfaatkan dua silinder, alat ini bisa digunakan mengukur viskositas. Silinder pertama atau cup memiliki rongga dan letaknya di bagian luar. Silinder kedua ada di bagian dalam dan berfungsi sebagai rotor penggerak mesin (bob).

Sampel cukup diletakkan atau dituangkan pada celah antara cup dan bob. Saat mesin dihidupkan alat ini akan langsung berputar. Pada beberapa jenis viskometer cup dan bob, bagian cup bergerak, namun beberapa jenis lainnya justru bagian bob yang bergerak (misalnya viskotester). Hal tersebut tidak terlalu berpengaruh karena intinya adalah tercipta sebuah gerakan yang kemudian memengaruhi nilai viskositas fluida.

Setelah alat berputar selama beberapa saat, tingkat viskositas sampel bisa langsung dilihat. Kebanyakan viskometer cup dan bob modern sudah menggunakan skala digital sehingga mudah untuk dibaca dan dicatat.

Kelebihan viskometer cup dan bob

Selain fungsi, setiap instrumen laboratorium tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan viskometer cup dan bob. Alat ini memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada viskometer jenis lain. Apa saja?

  • Viskometer cup dan bob mampu mengukur tingkat kekentalan cairan buram, cairan dengan endapan, bahkan cairan non-newtonian dengan akurat.
  • Viskometer cup dan bob dapat mengukur viskositas dengan memperhatikan waktu dan perilaku penipisan akibat geseran benda.
  • Viskometer cup dan bob mudah digunakan, kecepatan rotor sangat mudah disesuaikan perputarannya.
  • Viskometer cup dan bob modern dapat dihubungkan dengan komputer sehingga menghasilkan pengukuran semi-otomatis.

Kekurangan viskometer cup dan bob

Di samping kelebihan, viskometer cup dan bob juga tentunya memiliki kekurangan. Viskometer ini dapat menyebabkan penurunan konsentrasi fluida karena adanya aliran sumbat. Aliran ini bisa muncul karena adanya geseran yang tinggi di sekeliling silinder. Akibatnya bagian tengah zat menjadi memadat.

Selain itu, viskometer cup dan bob termasuk dalam golongan viskometer rotasi. Kebanyakan viskometer jenis ini berukuran besar dan sulit untuk dipindahkan, jadi kurang sesuai untuk penelitian yang mobile. Harganya pun relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan viskometer jenis lainnya.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan viskometer cup dan bob. Jika Anda tertarik menggunakannya, segera dapatkan melalui Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). Dengan jaringan yang luas, kami siap menyediakan alat-alat laboratorium terbaik untuk Anda.

viskometer adalah

Mengenal Viskometer, Alat Laboratorium untuk Mengukur Kekentalan Larutan

Dalam sebuah laboratorium terdapat beberapa instrumen dengan fungsinya masing-masing. Setiap instrumen memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung pada eksperimen yang dijalankan. Salah satu instrumen yang sering dijumpai di laboratorium adalah viskometer. Apa itu viskometer? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal viskometer

Viskometer adalah sebuah instrumen laboratorium. Alat ini memiliki fungsi utama untuk mengukur viskositas. Apa itu viskositas? Viskositas merupakan kekentalan zat cair. Pada zat cair, sifat ini menjadi ukuran untuk menentukan nilai perlawanan atas tegangan geser dari hasil pergeseran benda. Umumnya viskositas ini terjadi karena interaksi antar molekul dalam cairan akibat adanya gerakan atau aliran.

Dalam praktiknya, kekentalan zat cair dibagi menjadi dua, kekentalan dinamik (kadang disebut juga sebagai kekentalan absolut) dan kekentalan kinematis. Kekentalan zat cair dapat menjadi indikator apakah sebuah zat cair ideal atau tidak. Zat cair yang ideal seharusnya tidak memiliki kekentalan. Untuk itulah keberadaan viskometer sangat penting di laboratorium, terutama laboratorium yang media kerja utamanya adalah zat cair.

Cara kerja viskometer

Meski saat ini viskometer sudah memiliki beragam tipe dengan kegunaannya masing-masing, pada dasarnya cara kerja viskometer tetap sama. Alat ukur ini mengukur tingkat viskositas atau kekentalan zat cair. Secara sederhana, viskometer mengukur viskositas dengan melihat kecepatan cairan mengalir melalui gelas kapiler (pipa berbahan gelas dengan diameter kecil).

Apabila sebuah cairan mengalir dengan cepat melalui gelas kapiler, maka bisa dipastikan tingkat viskositasnya rendah (cair). Namun jika sebuah cairan mengalir lambat saat dialirkan melalui gelas kapiler maka tingkat viskositasnya bisa dibilang tinggi (kental). Walau begitu, saat ini viskometer modern telah menambahkan beberapa faktor pengukur agar hasil yang didapat bisa lebih akurat.

Kegunaan viskometer

Ada banyak kegunaan viskometer dalam kehidupan. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kekentalan zat cair dapat menjadi indikator apakah zat cair termasuk ideal atau tidak. Hal ini sangat berguna untuk industri air mineral. Perusahaan air mineral dapat memanfaatkan viskometer untuk mengetahui apakah produk mereka termasuk zat cair ideal.

Di sisi lain, viskometer juga dapat dimanfaatkan oleh industri otomotif, terutama mereka yang menjadi produsen oli kendaraan Viskometer dapat dimanfaatkan oleh para produsen oli kendaraan untuk mengetahui tingkat kekentalan produk mereka agar sesuai dengan standar yang kendaraan bermotor.

Jenis-jenis viskometer

Ada beragam jenis viskometer. Namun yang paling sering digunakan ada tiga jenis, yakni Viskometer Ostwald, Viskometer Hoppler, dan Viskometer Cone and Plate. Berikut penjelasan singkat tentang ketiganya.

1. Viskometer ostwald

Sebuah viskometer yang cara penggunaanya adalah dengan mengukur waktu yang diperlukan cairan untuk mengalir. Lebih spesifik, viskometer mengukur durasi yang dibutuhkan cairan untuk melewati tanda tertentu. Kalibrasi viskometer jenis ini cukup dengan menggunakan air yang memang sudah diketahui level viskositasnya.

2. Viskometer hoppler

Viskometer hoppler bekerja dengan mengikuti hukum Stokes. Artinya, viskositas dapat diketahui dengan menjatuhkan sebuah benda pada suatu zat cair. Benda yang digunakan untuk eksperimen tentunya benda yang sudah diketahui ukurannya dengan pasti. Viskometer hoppler juga mempertimbangkan gaya gravitasi serta gaya gesek dalam penghitungannya.

3. Viskometer cone and plate

Jika dibandingkan dengan dua viskometer sebelumnya, bisa dibilang viskometer cone and plate inilah yang paling canggih. Anda cukup menyertakan sampel dalam volume kecil saja, alat ini sudah dapat mengukur level viskositasnya dengan presisi.

Viskometer adalah instrumen laboratorium untuk mengukur viskositas. Alat ini sangat penting karena dapat menunjang eksperimen yang berkaitan dengan cairan. Anda bisa mendapatkan viskometer sesuai dengan kebutuhan melalui Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). Sebagai distributor alat laboratorium di Indonesia, kami siap memenuhi beragam keperluan Anda.

Generasi berikutnya sequencing and Sample Preparation

Seminar kedua tahun ini diadakan di Hotel Bidakara Jakarta pada 10 September 2019. Next Generation Sequencing merupakan tema utama untuk seminar ini. Next Generation Sequencing mengalami kemajuan pesat dalam 10 tahun terakhir. Dari identifikasi penyebab penyakit mutasi ke penggerak pertanian perbaikan melalui genotyping dengan mengurutkan, NGS adalah sangat alat yang ampuh untuk peneliti. Seminar ini bertujuan untuk membagikan informasi mengenai kemajuan dalam Next Generation Sequencing beserta aplikasinya dari salah seorang ahli NGS dari Pusat Genon Nasional, Lembaga Eijkman yaitu Bapak Hidayat Trimarsanto. Selain itu, salah satu point yang tidak kalah penting adalah preparasi dan manajemen sample. Hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas sampel dan pastinya akan memberikan hasil yang bagus. Di seminar ini juga dibahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam preparasi mulai dari menggunakan bahan habis pakai yang tepat dan memilih freezer yang tepat sampai dengan alat untuk monitoring. Sama seperti di seminar seminar sebelumnya, kami menyediakan service booth untuk peserta yang ingin melakukan pengecekan serta pembersihan untuk pipet mereka. Selain itu juga terdapat booth-booth agar peserta seminar dapat melihat langsung beberapa alat dari Eppendorf dan dapat langsung berkonsultasi mengenai alat-alat di booth seperti Liquid Handling, Consumables, Centrifuge, Incubator Shaker, CO2 Incubator serta freezer. Seminar ini diadakan bertepatan dengan Anniversary Infiniti Bioanalitika Solusindo yang ke 7. Kami terus berusaha memberikan yang terbaik kepada Customers dengan premium product line seperti Eppendorf, GFL, CertoClav, proRheo, Biotecon, Lab Bubble dan Labnet. Kami juga memberikan layanan purna jual yang terbaik dengan disertai dukungan teknis yang unggul. Dalam rangka Anniversary Infiniti, kami memberikan apresiasi kepada PT Smart Tbk yang merupakan customers Loyal.

 

Seminar Challenge in Molecular Food Testing

PT Infiniti Bioanalitika Solusindo memiliki agenda rutin yang diadakan setiap tahun yaitu seminar. Setiap seminar yang kami adakan memiliki tema yang berbeda menyesuaikan dengan isu yang sedang menarik saat itu. Pada tanggal 8 April seminar pertama di tahun 2019 dilaksanakan di Yogyakarta. Seminar ini mengangkat tema mengenai “Challenge in Molecular Food Testing”. Saat ini terdapat berbagai jenis makanan yang tersebar di seluruh tempat. Dan sangat penting untuk memastikan bahwa makanan proses tersebut aman dikonsumsi serta bahan asal dari makanan tersebut sudah terverifikasi dengan sertifikasi yang tepat. Uuntuk menentukan ini, teknik pengujian molekuler lebih dipilih dibandingkan dengan metode mikrobiologi dan antibodi karena pemrosesan sampel yang lebih mudah. Selain itu metode ini juga lebih menghemat waktu dan biaya tanpa mengurangi tingkat keakuratannya. Namun, ada juga tantangan yang akan dihadapi dalam mempersiapkan metode molekular untuk pengujian makanan yang akan berdampak langsung terhadap hasil pengujiannya. Salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan instansi untuk melakukan pengujian molekuler adalah teknik mana yang harus mereka gunakan, End point PCR atau Real time PCR? Biasanya yang menjadi pertimbangan utama adalah sensitivitas dan validasi. Tetapi sebenarnya banyak faktor-faktor lain yang harus diperhatikan sebelum menentukan teknik mana yang lebih tepat seperti upaya untuk optimasi, tujuan utama dari pengujian dan biaya. Pada seminar ini, pembicara yang merupakan Technical Product Specialists dari Eppendorf membagikan informasi mengenai tantangan serta solusinya. Seminar ini dihadiri oleh instansi-instansi khususnya yang berkaitan dengan pengujian makanan di area Yogyakarta dan sekitarnya.  Selain presentasi, kami juga memiliki booth service untuk liquid handling dan beberapa booth produk. Peserta seminar bisa melakukan pengecekan dengan pipette mereka serta melihat langsung instrument dan cara kerja dari beberapa produk di booth. Produk-produk yang di tampilkan diantaranya, Liquid Handling, Consumables Centrifuge dan Mastercycler X50.

vortex mixer adalah

Vortex Mixer: Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan

Untuk melakukan homogenisasi, ada beberapa instrumen laboratorium yang dapat digunakan. Mulai dari shaker, stirrer, hingga mixer, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika Anda sedang membutuhkan alat homogenizer yang mampu menyeragamkan cairan bervolume kecil, vortex mixer (vortexer) dapat dijadikan pilihan. Apa itu vortex mixer? Simak penjelasannya berikut.

Mengenal vortex mixer

Vortex mixer adalah penemuan dari Kraft bersaudara, yakni Jack A. Kraft dan Harold D. Kraft. Saat menemukan instrumen ini, mereka bekerja untuk Scientific Industries yang merupakan produsen peralatan laboratorium. Vortex mixer temuan Kraft ini bahkan masih digunakan dalam industri modern.

Vortex mixer termasuk salah satu instrumen yang lazim ditemukan di laboratorium, Fungsi utamanya adalah untuk menyeragamkan cairan dalam volume kecil. Vortex mixer tersusun atas motor mesin yang dialiri listrik dan drive shaft yang menjadi pusat alat. Cara kerjanya adalah motor mesin menggerakkan drive shaft dalam gerakan vertikal hingga cairan teraduk sempurna.

Kebanyakan vortex mixer yang beredar di pasaran sudah memiliki pengaturan kecepatan variabel atau bahkan bisa bergerak terus-menerus secara otomatis. Dengan begitu, pengguna tidak perlu kesulitan untuk melakukan pencampuran cairan dengan instrumen ini.

Kegunaan vortex mixer

Pada dasarnya, vortex mixer adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses homogenisasi atau menyeragamkan cairan. Namun jumlah cairan yang dapat dihomogenkan vortex mixer terbilang kecil jika dibandingkan dengan alat homogenizer lainnya. Ini karena vortex mixer hanya mampu menampung wadah kecil seperti tabung reaksi, tabung sentrifuse, ependorf, falkon, atau wadah penampung lain yang berukuran kecil.

Anda bisa dengan mudah menemukannya pada sebuah laboratorium biokimia. Dalam laboratorium biokimia, vortex mixer sering digunakan sebagai homogenizer untuk menyeragamkan reagen yang digunakan untuk uji aktivitas enzim. Instrumen ini akan melakukan proses homogenisasi pada buffer, substrat, dan tentunya enzim,

Vortex mixer juga bisa ditemukan pada laboratorium analitik. Biasanya instrumen tersebut difungsikan sebagai alat homogenizer sampel penelitian.

Prinsip kerja vortex mixer

Instrumen vortex mixer tersusun atas motor mesin yang dialiri listrik dan memiliki poros penggerak. Poros tersebut akan begerak vertikal saat alat dinyalakan. Untuk menampung sampel, alat ini memanfaatkan potongan karet yang dipasang sedikit di luar pusat alat.

Potongan karet tersebut kemudian akan ikut bergerak karena poros penggerak pada motor mesin. Motor mesin berosilasi dengan karet dalam gerakan melingkar yang sangat cepat. Gerakan ini kemudian akan menciptakan pusaran pada cairan. Pusaran tersebut akan menyatukan zat-zat yang sebelumnya terpisah hingga molekulnya terseragamkan.

Cara menggunakan vortex mixer

Meski vortex mixer merupakan alat yang bekerja otomatis, bukan berarti Anda bisa menggunakkannya secara sembarangan. Berikut cara menggunakan vortex mixer yang benar dan sesuai standar:

  1. Hubungkan alat pada sumber listrik dengan kabel yang tersedia.
  2. Nyalakan alat dengan menekan saklar hingga berada pada posisi “ON”.
  3. Atur kecepatan alat sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jangan lupa untuk selalu memegang wadah penampung sampel dengan kuat agar tidak terlempar dan cairan bisa menjadi homogen.

Itulah sekilas tentang vortex mixer. Alat ini memang sederhana, namun fungsinya sangat penting di laboratorium. Tanpa adanya vortex mixer, proses homogenisasi akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Tertarik untuk memiliki vortex mixer? Anda bisa segera mendapatkannya melalui Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). Kami merupakan distributor alat laboratorium terlengkap di Indonesia.