Penjelasan Lengkap Tentang Inkubasi

Inkubasi Adalah Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Inkubasi

Jika mendengar kata inkubasi, maka kata ini sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi dikarenakan pada kehiduapn masyarakat biasa. Inkubasi adalah yaitu kondisi di mana seseorang harus mendapatkan perawatan khusus agar tidak terkontaminasi dunia luar yang bisa membahayakan kesehatannya.

Sebenarnya istilah inkubasi tidak hanya digunakan di dunia kesehatan saja. Di industri bisnis pun juga ada pemakaian inkubasi. Namun untuk kali ini, yang akan dibahas dan dijelaskan dengan lengkap adalah inkubasi mikrobiologi. Apa itu inkubasi mikrobiologi? Apa saja yang bisa dilakukan dengan inkubasi di sana? Dan masalah apa saja yang bisa mengenai inkubasi model ini? Di bawah ini ada penjelasan yang lebih lengkap lagi.

Kemajuan teknologi membuat banyak aspek dalam industri mendapatkan keuntungan besar darinya. Dari yang dulu harus kesulitan dalam mengembangkan produk, sekarang bisa dengan mudahnya karena didukung teknologi yang berkembang tanpa henti setiap waktunya. Sekedar diketahui Alat inkubasi mikrobiologi dinamakan inkubator mikrobiologi.

Kondisi juga dirasakan oleh bidang mikrobiologi. Sebagai bidang yang bergantung dengan alat-alat laboratorium, dibutuhkan teknologi mutakhir agar bisa melakukan berbagai macam hal demi bisa mengembangkan segala aspek. Salah satu yang menjadi perhatian pada saat ini ada inkubasi.

Definisi inkubasi

Di bidang mikrobiologi, inkubasi adalah proses dalam memelihara kultur mikroba dengan mempertahankan suhu tertentu agar bisa bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu untuk melihat pertumbuhan bakteri. Mikroorganisme yang ada di dalamnya pun tidak ditaruh sembarangan saja. Ada cara tersendiri yang dilakukan yaitu diinolukasikan pada media padat atau cair agar pertumbuhannya bisa terlihat secara jelas dan bisa tumbuh lebih lancar juga.

Yang cukup memegang peranan penting di bagian inkubasi mikrobiologi adalah suhu. Ya, jika suhu inkubasi tidak sesuai dengan yang diharuskan, maka mikroorganisme tidak dapat tumbuh dengan baik dan malah mati. Dengan adanya inkubasi, maka pertumbuhan mikroorganisme bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah berarti. Maka dari itu inkubasi sangatlah penting.

Untung menjalankan inkubasi, diperlukan alat-alat yang memadai agar mikroorganisme bisa tumbuh. Apa saja medium inkubasi yang biasa digunakan oleh industri?

Medium inkubasi

Untuk medium inkubasi sendiri dibagi menjadi dua yaitu lemari biasa dengan suhu kamar dan inkubator yang suhunya bisa diatur sesuai keinginan. Untuk inkubator sendiri, memang sebaiknya menggunakan yang bisa diatur sesuai keinginan agar bisa digunakan untuk berbagai macam mikroorganisme.

Dengan suhu yang bisa diatur, maka suhu tersebut bisa dibuat sedemikian rupa agar menumbuhkan bakteri, menumbuhkan ragi dan jamur dengan suhu yang sesuai. Selain itu, biakan murni mikroorganisme pun bisa disimpan di sana. Untuk bagian dalam medium inkubasi sendiri, perlu ada sekat kaca agar bisa melihat bagaimana mikroorganisme itu tumbuh tanpa perlu membuka bagian dalam sehingga suhunya tetap terjaga. Jadi seluruh pertumbuhan di dalamnya bisa terlihat secara jelas kapanpun di mau.

Masalah yang biasa mengenai inkubasi

Inkubasi tidak mungkin terlepas dari masalah. Ada saja masalah yang bisa muncul seperti:

  • TNTC (To Numerous To Count)
  • Membran yang bisa terangkat dan terlipat
  • Inkubasi yang terlalu lama
  • Koloni tidak tersebar secara merata
  • Pertembuhan koloni yang melebar
  • Adanya tetesan air yang terjatuh sehingga bisa merusak
  • Aliran sampel yang sulit tersedot
  • Adanya pertumbuhan di bekas pinset

Anda bisa menghindari beberapa masalah di atas dengan melakukan pengecekan proses inkubasi dengan teliti dan ketat. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga: Fungsi Inkubator Mikrobiologi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *