prinsip kerja viskometer

Jenis-jenis dan Prinsip Kerja Viskometer

Banyak alat alat laboratorium untuk membantu keberlangsungan sebuah eksperimen. Alat-alat yang digunakan disesuaikan dengan eksperimen yang dilakukan. Viskometer adalah alat yang sering ditemui di laboratorium. Kegunaan dari viskometer adalah untuk mengukur viskositas dari sebuah cairan. Viskositas sendiri merupakan kekentalan dari sebuah zat cair. Kekentalan zat cair sendiri diukur untuk mengetahui nilai perlawanan terhadap pergeseran benda.

Kegunaan mengukur viskositas sendiri berguna untuk mengetahui apakah zat cair itu ideal atau tidak. Seharusnya, zat cair yang ideal tidak memiliki kekentalan. Viskometer penting dimiliki di dalam laboratorium, karena kebanyakan eksperimen pasti menggunakan cairan sebagai zat yang diteliti. Oleh karena itu, viskositas penting untuk dimiliki dalam sebuah laboratorium, terutama untuk melakukan tes terhadap zat cair.

Bagaimana cara kerja viskometer?

Viskometer  pada intinya berguna untuk mengukur kekentalan sebuah cairan. Viskometer mengukur kekentalan cairan menggunakan sebuah pipa gelas, atau yang biasa disebut gelas kapiler. Cairan dapat dikatakan memiliki viskositas yang rendah (cair) apabila cairan dapat mengalir dengan cepat dalam pipa itu. Begitu juga sebaliknya, cairan dikatakan memiliki viskositas tinggi (kental) apabila cairan mengalir dengan lambat di dalam pipa. Viskometer mengukur viskositas dengan cara mengukur kecepatan cairan mengalir di dalam tabung silinder. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cairan yang mengalir lambat merupakan cairan kental dan cairan yang mengalir cepat merupakan zat cairan yang tidak kental.

Baca Juga : Mengenal Viskometer, Alat Laboratorium untuk Mengukur Kekentalan Larutan

Apa saja jenis viskometer?

Meski memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengukur cairan, namun viskometer memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Mari simak beberapa jenis viskometer di bawah ini.

Viskometer Ostwald

Cara kerja dari viskometer ostwald adalah dengan cara mencari tahu waktu yang diperlukan cairan untuk melewati 2 tanda yang ada. Air dapat mengalir di viskometer ostwald karena adanya gaya gravitasi yang menyebabkan air bergerak. Kalibrasi harus dilakukan pada viskometer untuk dapat mempertahankan keakuratannya dalam mengukur kekentalan. Untuk melakukan kalibrasi terhadap viskometer ostwald, gunakan air yang sudah diketahui tingkat kekentalannya terlebih dahulu.

Viskometer Hoppler

Viskometer hoppler berfungsi sama dengan viskometer lainnya, namun memiliki cara kerja yang berbeda. Hukum stokes diterapkan pada viskometer hoppler untuk mengukur kekentalan cairan. Hukum stokes sendiri berarti bahwa kekentalan sebuah cairan diketahui dengan cara adanya benda yang dijatuhkan kepada zat cair. Benda yang digunakan untuk membantu mengukur kekentalan pada viskometer hoppler harus merupakan benda yang ukurannya sudah pasti. Selain itu, viskometer hoppler perlu mempertimbangkan adanya gaya gesek dan gaya gravitasi.

Viskometer Cup and Bob

Pada viskometer cup and bob, cara kerja mengukur viskositas dilakukan dengan cara memasukan cairan yang akan diukur pada ruang tertentu. Ruang ini terletak di antara dinding dalam mangkuk (cup) dan dinding luar (bob). Setelah memasukan cairan, langkah selanjutnya adalah memasang rotor. Terakhir, hidupkan alat dan nilai viskositas akan langsung terlihat pada skala.

Viskometer Cone and Plate

Viskometer clone and plate merupakan alat viskometer yang lebih canggih, karena dapat mengukur kekentalan cairan secara detail. Viskometer ini dapat mengukur cairan dengan volume yang kecil. Selain itu, hasil pengukuran dari viskometer cone dan plate memiliki akurasi yang tinggi.

 

Demikianlah cara kerja dan jenis-jenis dari viskometer. Laboratorium pasti membutuhkan viskometer, terutama untuk mengukur kekentalan dari zat-zat cair. Viskometer dapat menunjang hasil dari eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Jangan lupa untuk melakukan kalibrasi pada viskometer untuk memastikan akurasi dari pengukuran kekentalan sebuah cairan.

Apabila membutuhkan viskometer, kamu dapat mencari viskometer sesuai jenis kebutuhanmu melalui Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). IBS merupakan distributor laboratorium di Indonesia, menjual berbagai macam alat laboratorium yang Anda perlukan untuk menunjang eksperimen yang anda lakukan. IBS siap memenuhi kebutuhan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.