viskometer ostwald adalah

Keberadaan Viskometer Ostwald Adalah Penting Bagi Laboran. Apa Sebabnya?

Viskometer Ostwald adalah salah satu jenis viskometer yang banyak digunakan oleh laboratorium saat menjalankan penelitian di laboratorium. Viskometer Ostwald adalah alat ukur untuk menghitung viskositas larutan atau fluida yang digunakan dalam penelitian. Viskositas sendiri adalah ketebalan atau pergesekan internal pada suatu zat cair. Semakin rendah viskositas suatu fluida, semakin cepat pergerakan fluida tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi viskositas suatu fluida, semakin lambat pergerakannya. Berikut penjelasan lengkap tentang viskositas dan viskometer Ostwald!

Pengertian viskositas

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, viskositas adalah ketebalan atau pergesesekan internal dalam larutan atau fluida. Bisa dikatakan juga bahwa viskositas adalah kepekatan fluida yang bisa memperlihatkan besar kecilnya sentuhan dalam fluida. Jika tingkat viskositas yang dimiliki oleh suatu fluida relatif tinggi, maka fluida tersebut lebih susah bergerak karena pergesekan internalnya tinggi. Sebaliknya, jika tingkat viskositas suatu fluida cukup rendah, maka fluida tersebut lebih mudah bergerak karena pergesekan internalnya rendah.

Baca Juga : Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Viskometer cup dan bob?

Contoh mudah perbandingan tingkat viskositas dalam suatu fluida adalah air putih dan oli. Ketika Anda menuangkan air putih dari satu wadah ke wadah yang lain, itu hanya butuh beberapa detik saja. Namun jika dibandingkan dengan oli, Anda lebih butuh banyak waktu untuk memindahkannya dari satu wadah ke wadah lain. Itulah contoh perbedaan viskositas dalam suatu fluida. Tingkat viskositas air putih lebih rendah daripada oli sehingga pergerakannya lebih cepat. Sedangkan oli lebih tinggi tingkat viskositasnya.

Pengertian viskometer Ostwald

Setelah Anda mengetahui definisi viskositas dari penjelasan di atas, kini saatnya beralih ke definisi viskometer. Bisa dikatakan, viskometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui tingkat viskositas suatu zat cair. Dalam penelitian, mengetahui tingkat viskositas suatu zat cair adalah penting karena sangat berpengaruh pada proses dan hasil penelitian tersebut.

Viskometer sendiri ada banyak jenisnya. Satu yang sering digunakan adalah viskometer Ostwald. Viskometer Ostwald adalah viskometer yang menggunakan metode Ostwald. Penetapan viskositas dengan menggunakan viskometer Ostwald dilakukan dengan cara mengukur waktu yang diperlukan suatu fluida atau zat cair untuk mengalir di dalam pipa kapiler dari titik A ke titik B. Dengan mengetahui lama waktu yang dibutuhkan zat cair untuk mengalir dari garis A ke garis B, dapat ditentukan tingkat viskositas dua atau lebih zat yang sedang dibandingkan.

Cara kerja viskometer Ostwald

Dalam penelitian di laboratorium, setiap jenis viskometer memiliki cara kerja yang berbeda. Mengetahui cara kerja masing-masing viskometer penting agar Anda bisa mendapatkan hasil pengukuran viskositas yang valid. Jika Anda tidak memahami cara kerja tiap jenis viskometer, maka pengukuran viskositas bisa saja gagal.

Pengukuran viskositas dengan menggunakan viskometer Ostwald adalah sering dilakukan oleh laboran. Menghitung viskositas dengan viskometer Ostwald dilakukan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan bagi cairan melewati dua tanda ketika mengalir karena gravitasi. Untuk mengkalibrasi viskometer Ostwald, bisa dilakukan dengan air yang sudah diketahui tingkat viskositasnya. Begini cara kerja dan penggunaan viskometer Ostwald saat di laboratorium:

  1. Pastikan bahwa viskometer Ostwald adalah sudah bersih sebelum digunakan.
  2. Masukkan cairan ke dalam pipet dan masukkan cairan tersebut melalui pipet ke viskometer Ostwald.
  3. Kemudian, hisap cairan dalam viskometer Ostwald dengan pushball sampai melewati dua batas.
  4. Siapkan timer atau Kendurkan cairan hingga batas pertama dan mulailah hitungan Anda.
  5. Sembari melakukan penghitungan, Anda bisa mencatat hasil di laporan yang terpisah dan hitung angka yang didapat dengan rumus viskositas.

Menggunakan viskometer Ostwald adalah hal yang biasa bagi laboran. Viskometer Ostwald sendiri sangat bermanfaat untuk mengetahui viskositas suatu zat cair. Jika Anda akan melakukan penelitian dengan viskometer, semoga informasi ini bisa membantu. Belum memiliki viskometer Ostwald? Kunjungi website IBS!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.