chemistry laboratory, alat alat laboratorium

Ketahui Pengertian Lengkap Apa itu Sentrifugasi dan Mesin Sentrifuga / Centrifuge

Apa Itu Sentrifugasi

Pengertian Sentrifugasi adalah teknik pemisahan campuran yang dilakukan dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Teknik ini paling sering digunakan ketika berhubung dengan bidang biokimia, utamanya pada pemisahan makromolekul atau koloid dari cairan lain.

Secara teori sentrifugasi memanfaatkan gaya sentrifugal dimana gaya sentrifugal ini adalah gerakan melingkar menjauhi pusat lingkaran. Bisa dikatakan gaya sentrifugal lawan dari gaya sentripetal.

Proses atau teknik sentfugasi sendiri dilakukan menggunakan sebuah alat yang dinamakan sentrifuga (centrifuge). Sentrifuga sendiri sejenis alat pemutar yang saat ini terus berkembang bentuk maupun teknologi yang digunakan.

Untuk menjelaskan apa itu sentrifugasi lebih jelas dapat dilihat dari contoh penggunaan mesin centrifuge dengan teknik sentrifugasi

Cara Kerja mesin sentrifuga / Centrifuge

Untuk yang akan dijelaskan ini merupakan pemanfaatan teknik sentrifugasi mengguanakan alat Centrifuge dalam lingkungan laboratorium Kimia.

Misalkan dalam sebuah proses investigasi forensik yang memerlukan analisa terhadap urin. Untuk memperoleh urin sendiri dapat diambil dari pemisahan urin yang terkandung dalam darah.

Contoh lain dalam produksi susu skim, untuk mendapatkan susu skim yang berkualitas dalam artian tanpa mengandung lemak. Teknik sentrifugasi berperan dalam pemisahan lemak yang terkandung dalam susu sehinga bisa dihasilkan susu skim.

Berikut lebih jelas bagaimana dasar kerja dari alat sentrifuga ini sehingga bisa memisahkan komponen-kompenen tersebut.

Saat komponen ini dimasukan dalam contoh diatas misalkan darah atau susu. Mesin sentrifuga akan melakukan pemisahan dengan konsep komponen yang lebih padat dalam cairan ini akan bergerak menjauh dari sumbu sentrifuga dan membentuk endapan lain. Dan kemudian akan menyisakan kompenen atau cairan lain yang dapat diambil dengan dekantasi.

Dengan penjelasan simpel cairan tadi dituangkan ke tempat lain sehingga cairan yang lebih padat tadi akan tinggal.

Dalam laboratorium saat ini sudah banyak jenis mesin centrifuge yang diciptakan. Diantara produsen Centrifuge yang ada saat ini Eppedndorf salah satu brand yang sudah tidak diragukan lagi produknya. Berikut ini mesin Centrifuge yang telah diproduksi Eppendorf yang didistribusikan oleh IBS sendiri.

Dari penjelasan apa itu sentrifugasi diatas dapat dijelaskan bagaimana konsep kerja dari mesin centrifuge berikut contoh mesin centrifuge yang sering digunakan.

Eppendorf Centrifuge 5418 / 5418R

Centrifuge 5418

Cek Spesifikasi Lengkap Disini!

Centrifuge 5427 R

Centrifuge 5427 R

Cek Spesifikasi Lengkap Disini!

Centrifuge 5430/5430 R

Centrifuge 5430

Cek Spesifiaksi Lengkap Disini!

Untuk melihat Jenis dan spesifikasi Eppendorf Centrifuge lebih jelas dapat dilihat di daftar produk IBS.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *