macam macam alat sterilisasi

Macam-macam Sterilisasi dan Penjelasannya

Melihat kondisi dunia saat ini yang membutuhkan sikap dari semua pihak dalam mengurus pandemi COVID-19 atau nama lainnya Coronavirus, membuat industri medis menjadi sorotan. Ya, tanpa adanya bantuan tenaga medis beserta alat-alat yang layak, maka penyembuhan dari virus tersebut pastinya sangatlah sulit. Berbicara mengenai alat medis, sebenarnya diperlukan sterilisasi yang baik dan benar agar tidak ada virus yang bertahan di alat tersebut. Sebenarnya dalam persoalan ini, ada macam-macam sterilisasi yang bisa dilakukan.

Alat medis sudah pasti sangat dibutuhkan pada saat ini. Belum lagi digunakan secara terus menerus. Namun demi bisa menjaga kebersihan dari alat tersebut, maka dibutuhkan proses sterilisasi. Jangan sampai, alat medis malah menjadi media pembawa virus yang bisa membuat orang-orang yang menggunakannya menjadi terjangkit penyakit.

Dalam melakukan strerilisasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa memilih salah satu cara di bawah ini. Apa saja macam-macam sterilisasi? Berikut penjelasan lengkapnya.

Metode Kimiawi

Dalam metode kimiawi, sterilisasi yang dilakukan menggunakan zat-zat kimia. Jadi, alat-alat medis yang memang bisa terkena air akan direndam ke dalam larutan kimia yang bisa mematikan kuman, bakteri, dan virus. Bisa dibilang metode kimiawi menjadi metode yang paling awal dilakukan dalam sterilisasi. Setelah menggunakan metode kimiawi, terkadang masih banyak yang memutuskan untuk melakukan metode lainnya sebagai pelengkap agar alat media semakin bersih.

Metode Panas Uap

Metode panas uap adalah metode sterilisasi yang menggunakan uap bertekanan. Uap tersebut dihasilkan dari panas yang diciptakan sedemikian rupa agar bisa mematikan virus dan bakteri berbahaya. Agar bisa mendapatkan uap panas bertekanan yang baik, maka perlu mendidihkan air lalu dipadukan dengan tekanan tinggi. Namun dalam penggunaan metode panas uap, dibutuhkan alat bernama Autoclave agar proses bisa berjalan dengan lancar.

Metode Panas Kering

Untuk metode panas uap, biasanya disebut juga metode panas basah. Selain itu, ada juga metode panas kering. Untuk bisa menghantarkan panas tapi tetap kering, proses sterilisasi selalu menggunakan sterilisator kering atau dry heat sterilizer. Dalam penggunaannya, biasanya panas akan diradiasikan ke seluruh ruangan menggunakan media sterilizer yang memiliki bentuk menyerupai inframerah. Selanjutnya, panas akan menyebar ke seluruh ruangan secara merata hingga bisa membuat alat-alat media di dalamnya menjadi steril. Memang metode panas kering ini bisa langsung digunakan untuk satu ruangan langsung, bukan per alat media.

Metode Sinar UV

Macam-macam sterilisasi yang terakhir adalah menggunakan metode sinar UV. Sebagai sebuah sinar, memang pada dasarnya sinar UV bisa membawa bahaya untuk manusia. Namun sinar UV sebenarnya bisa digunakan untuk melakukan sterilisasi juga. Bahkan sinar UV tidak hanya berbicara tentang sterilisasi alat media, tetapi juga bisa sterilisasi satu ruangan di rumah sakit. Dengan sinar UV yang diatur sedemikian rupa, maka ruangan rumah sakit tersebut bisa steril dari hal-hal berbahaya.

Sinar UV sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk sterilisasi ruangan rumah sakit saja, tetapi juga bisa digunakan untuk produksi air mineral. Agar air mineral yang nantinya dijual bisa steril, maka bisa menggunakan sinar UV.

Sekarang Anda sudah tahu ada macam-macam sterilisasi yang menjadi bagian penting di dalam kondisi pandemi saat ini. Demi bisa membuat kinerja tim medis lebih maksimal, memang diperlukan sterilisasi yang tepat dan ampuh. Jangan sampai tidak melakukan sterilisasi karena itu adalah langkah yang sangat salah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.