simbol keselamatan kerja laboratorium

Memahami 6 Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium Biologi

Saat harus bekerja di laboratorium biologi, ada aturan yang harus ditaati demi keselamatan Anda dan para pekerja lainnya. Beberapa di antaranya seperti harus mengenakan baju khusus praktikum, tidak boleh makan dan minum di dalam laboratorium, memisahkan sampah cair dan padat, hingga tidak boleh mengambil zat secara berlebihan karna terdapat bahan yang berbahaya. Selain aturan-aturan tersebut, ada pula hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu simbol keselamatan di laboratorium biologi. Tidak semua laboratorium biologi memberikan penjelasan pada simbol-simbol yang di dicantumkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami simbol-simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi.

Flammable – gambar api

simbol api-simbol kimia

Jika Anda menemui simbol bergambar api pada suatu bahan atau zat, artinya kandungan tersebut mudah terbakar. Contoh bahan mudah terbakar yang biasanya digunakan di dalam laboratorium biologi adalah minyak tanah, alkohol, dan natrium. Namun, apa yang harus Anda lakukan apabila terjadi kebakaran di laboratorium biologi? Jika kebakaran terjadi karena alkohol atau minyak tanah, coba padamkan dengan lap basah. Pastikan pula Anda selalu sedia tabung pemadam kebakaran di dalam laboratorium.

Toxic – gambar tengkorak

simbol toxic-simbol kimia

Simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi yang bergambar tengkorak menandakan bahwa suatu zat mengandung racun atau bersifat toxic. Beberapa contoh zat yang dimaksud adalah gas klorin, merkuri, karbon tertraklorida, dan sianida. Walaupun mungkin terkesan sepele, zat-zat toxic ini apabila terhirup, tertelan, atau terserap melalui kulit, bisa menyebabkan kecelakaan, cedera, bahkan hingga kematian.

Apabila terjadi kasus zat berbahaya yang tertelan atau terhirup, segera muntahkan saat itu juga. Setelahnya, konsumsilah susu karena susu dipercaya bisa membantu menetralkan tubuh Anda dari kontaminasi zat-zat kimia.

Bau menyengat – gambar tanda silang

simbol bau menyengat

Untuk zat-zat yang memiliki bau tajam atau menyengat, biasanya akan ditandai dengan simbil keselamatan kerja di laboratorium biologi bergambar silang. Contoh zat berbau menyengat adalah amonia, uap bromin, kloroform, dan asam sulfat. Jadi, jika Anda melakukan eksperimen dengan bahan-bahan ini, jangan lupa menutup mulut dan hidung dengan kain kasa sebelumnya. Apabila tidak sengaja tercium, segera coba untuk muntahkan.

Korosif – gambar cairan yang dituangkan

simbol korosif

Jika Anda melihat simbol dengam gambar cairan yang sedang tertuang ke tangan, tandanya suatu bahan di laboratorium biologi bersifat korosif. Biasanya simbol ini ditujukan untuk bahan-bahan dengan kandungan asam dan basa yang kuat. Jangan pernah menyentuhnya karena bahan-bahan tersebut bisa berisiko merusak jaringan hidup.

Mudah meledak – gambar ledakan

Pernah melihat film atau video terjadinya ledakan di dalam laboratorium? Bisa jadi karena seseorang tidak memperlakukan suatu zat atau bahan dengan seharusnya. Biasanya, zat atau bahan-bahan mudah meledak ini diberi simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi bergambar ledakan.

Contoh dari zat yang mudah meledak adalah campuran antara oksigen dan hidrogen. Risiko ledakan akan lebih tinggi jika campuran tersebut terkena benturan, gesekan, panas, maupun kontak dengan api.

Radioaktif – gambar menyerupai kipas angin

simbol radioaktif

Apabila menemui simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi yang gambarnya menyerupai kipas angin, artinya suatu zat bersifat radioaktif. Contoh zat yang dimaksud adalah plutonium dan uranium. Apabila zat bersifat radioaktif, berarti zat tersebut bisa memancarkan sinar radiasi yang akan menyebabkan efek racun, baik dalam jangka waktu singkat maupun lama.

Tentu tidak ada yang salah dengan bekerja di laboratorium biologi. Namun, pastikan Anda lebih dulu memahami berbagai simbol keselamatan kerja di laboratorium biologi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *