viskometer hoppler

Memahami Spesifikasi Fungsi Viskometer Hoppler

Viskometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekentalan (viskositas) sebuah zat cair. Biasanya viskometer banyak ditemui di alat alat laboratorium untuk keperluan eksperimen. Kekentalan zat cair perlu diketahui untuk mengetahui cairan yang ideal. Cairan yang ideal seharusnya tidak kental, atau tidak memiliki viskositas. Salah satu jenis dari viskometer adalah viskometer hoppler.

Apa itu viskometer hoppler?

Viskometer hoppler berfungsi sama dengan viskometer lainnya, yaitu untuk mengukur kekentalan dalam zat cair. Cara kerja dari viskometer hoppler berbeda dengan viskometer lainnya. Keunikan dari viskometer hoppler adalah adanya pengukuran atas waktu yang dibutuhkan bola untuk melewati cairan yang memiliki tinggi tertentu.  Bola besi tersebut dapat melewati cairan karena adanya gaya gravitasi yang menarik bola tersebut sehingga jatuh ke dasar.

Baca Juga : Mengenal Viskometer, Alat Laboratorium untuk Mengukur Kekentalan Larutan

Viskometer hoppler sendiri berfungsi berdasarkan hukum stokes. Dikarenakan menerapkan hukum stokes ini, maka kekentalan diukur menggunakan benda yang dijatuhkan pada zat cair. Benda yang dijatuhkan pada alat viskometer hoppler untuk mengukur kekentalan harus memiliki ukuran yang sudah pasti. Pada viskometer hoppler, gaya gesek dan gaya gravitasi perlu dipertimbangkan untuk kepastian kekentalan zat cair yang diukur.

Apa saja spesifikasi dari viskometer hoppler?

Viskometer hoppler terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi bersamaan untuk membantu  mengukur kekentalan zat cair. Berikut ini adalah beberapa bagian dari viskometer hoppler beserta fungsinya:

  • Steal ball: alat pengukur kekentalan di viskometer hoppler.
  • Glass tube: tempat untuk meletakan zat cair yang akan diukur dan steal ball yang akan dijatuhkan.
  • Light barrier: batasan untuk mengetahui di mana pengukuran akan dimulai dan diakhiri.
  • Pressure cell: bagian luar dari viskometer hoppler untuk melindungi zat cair yang akan diukur agar memiliki tekanan yang tetap.

Bagaimana cara kerja viskometer hoppler?

Untuk mengukur viskositas (kekentalan) zat cair menggunakan viskometer hoppler, ada beberapa prosedur yang harus diikuti dengan baik. Pertama-tama, ukurlah diameter bola yang akan digunakan, diikuti dengan menimbang massa bola tersebut. Selanjutnya, panjang tabung viskometer harus diukur dari batas light barrier yang atas hingga bawah. Sebelum memulai untuk mengukur kekentalan, tentukan masa jenis pada cairan-cairan tersebut. Pastikan temperatur dari viskometer hoppler terlebih dahulu, lalu isilah tabung viskometer hoppler menggunakan cairan yang akan diukur kekentalannya.

Langkah selanjutnya adalah menjatuhkan bola (steal ball) dari besi atau kaca tersebut. Akibat gaya gravitasi, bola tersebut dapat jatuh ke bawah. Jatuhnya  bola tersebut dapat dilihat sebagai fungsi dan harga dari zat cair yang sedang diuji kekentalannya. Mulai nyalakan stopwatch untuk mengukur durasi bola jatuh dari bagian atas light barrier hingga bagian bawah. Catatlah durasi waktu yang dibutuhkan dari bola di atas hingga di bawah light barrier.

Untuk memastikan akurasi dari hasil pengukuran,  maka ulangilah prosedur tersebut sebanyak 10 kali berturut-turut. Yang dibedakan dari 10 kali prosedur tersebut adalah temperatur dari zat cair. Untuk menemukan nilai viskositas dari sebuah zat cair, gunakan data yang telah dicatat dengan rumus:

F = 6.π.η.r.v

F = gaya stokes

v = kecepatan bola jatuh

r = jari –jari

η = viskositas

Apa kelebihan dan kekurangan dari viskometer hoppler?

Kelebihan dari viskometer hoppler adalah mudah diterapkan. Tidak memerlukan prosedur dan alat yang terlalu susah dan rumit untuk diterapkan. Sedangkan viskometer hoppler juga memiliki kekurangannya sendiri, yaitu sulit untuk digunakan mengukur kekentalan (viskositas) pada zat cair yang berwarna atau tidak jernih. Selain itu, pengukuran kekentalan masih membutuhkan perhitungan melalui rumus. Sampel zat cair yang dibutuhkan juga banyak karena prosedur harus diulang sebanyak 10 kali untuk memastikan akurasi.

 

Demikianlah spesifikasi fungsi dari viskometer hoppler. Apabila kamu sedang mencari viskometer hoppler atau viskometer jenis lainnya, kamu dapat menemukannya di Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). IBS siap memenuhi kebutuhanmu karena menjual berbagai macam alat laboratorium untuk menunjang kualitas eksperimenmu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.