alat sentrifugasi dan fungsinya

Mengenal Alat Sentrifugasi dan Fungsinya di Bidang Penelitian

Pernahkah Anda melihat suatu adegan film yang menunjukkan keadaan di dalam laboratorium di mana terdapat suatu alat yang memutar sejumlah tabung dalam kecepatan tinggi? Alat tersebut bernama alat sentrifugasi. Meski cara kerjanya sederhana, namun ternyata alat ini sangat berguna untuk mengidentifikasi sebuah sampel, mulai dari sampel darah hingga cairan lainnya. Mari kita pelajari alat sentrifugasi dan fungsinya untuk mengenalnya lebih jauh.

Pengertian alat sentrifugasi beserta fungsinya

Alat sentrifugasi adalah alat yang digunakan untuk memisahkan campuran padat-cair atau cair-cair yang tidak saling larut menggunakan gaya sentrifugal dengan cara diputar dalam kecepatan tinggi. Alat ini juga kerap digunakan untuk memisahkan zat padat dengan ukuran kecil yang menyebar rata di dalam cairan. Dikarenakan volume larutan yang terlalu kecil sehingga penyaringan tidak memungkinkan, pemisahan cairan dan padatan menggunakan alat sentrifugasi sangat dianjurkan.

Alat ini diberi nama sesuai dengan gaya yang digunakan dalam prinsip kerja alat sentrifugasi, yakni gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal merupakan gaya semu yang menyebabkan suatu benda bergerak menjauhi pusat rotasi. Partikel-partikel zat padat yang mengalami gaya sentrifugal akan terpisah dengan sendirinya dan terkumpul di ujung tabung sentrifugasi. Zat padat yang terkumpul akan mengendap sehingga posisi cairan akan berada terpisah dengan endapan zat padat.

Dalam memisahkan zat yang tidak larut, alat sentrifugasi lebih unggul dibandingkan dengan metode gaya berat. Kecepatan pengendapan dengan alat sentrifugasi jauh lebih baik sebab percepatan gaya sentrifugal yang dihasilkan bisa mencapai 500 hingga 1000 kali percepatan gravitasi bumi sehingga mampu mengoptimalkan kecepatan pengendapan hingga 30 kali.

Komponen alat sentrifugasi

Alat sentrifugasi memiliki 2 komponen utama: rotor dan tabung sentrifugasi. Rotor berfungsi sebagai pemutar yang dapat mengatur kecepatan serta sudut putar. Sedangkan tabung sentrifugasi merupakan wadah yang umumnya berupa tabung yang ditempatkan di kepala rotor dan berfungsi sebagai wadah sampel.

Alat sentrifugasi memiliki dua jenis rotor. Rotor pertama adalah fixed-angle rotor, rotor yang didesain dengan sudut konstan terhadap pusat putaran. Sedangkan rotor kedua adalah swinging head rotor, yakni rotor dengan engsel yang mampu mengayunkan tabung menjauhi pusat putaran seiring dengan bertambahnya kecepatan rotor.

Tabung sentrifugasi umumnya memiliki skala 10 ml. Ujung tabung berbentuk runcing sehingga endapan zat dapat terpusat di bagian tersebut. Di sisi samping tabung disertai dengan garis ukur yang menunjukkan volume cairan dalam tabung. Tabung sentrifugasi umumnya berbahan kaca yang tahan terhadap reaksi kimia. Namun ada tabung sentrifugasi yang berbahan plastik sehingga tidak mudah pecah apabila terjatuh tanpa sengaja.

Penggunaan alat sentrifugasi pada kehidupan sehari-hari

Alat sentrifugasi dan fungsinya memiliki kegunaan di kehidupan sehari-hari yang dibagi sesuai ukuran alat tersebut.

Alat sentrifugasi kecil misalnya, sering dipakai di laboratorium di bidang kimia, biologi, biokimia dan obat-obatan medis. Sedangkan alat sentrifugasi sedang sering digunakan untuk alat rumah tangga komersial seperti mesin cuci dan mesin separator. Alat sentrifugasi berukuran besar umumnya digunakan sebagai alat uji kesehatan para awak astronot sebelum mereka berangkat ke luar angkasa. Beberapa tahun belakangan alat sentrifugasi besar juga digunakan sebagai wahana permainan gravitasi.

 

Itulah alat sentrifugasi dan fungsinya di kehidupan sehari-hari. Alat sentrifugasi adalah alat yang mampu memisahkan cairan tidak larut. Meskipun jarang kita melihatnya di laboratorium, ternyata alat ini juga ada di sekitar kita.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.