viskometer adalah

Mengenal Viskometer, Alat Laboratorium untuk Mengukur Kekentalan Larutan

Dalam sebuah laboratorium terdapat beberapa instrumen dengan fungsinya masing-masing. Setiap instrumen memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung pada eksperimen yang dijalankan. Salah satu instrumen yang sering dijumpai di laboratorium adalah viskometer. Apa itu viskometer? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal viskometer

Viskometer adalah sebuah instrumen laboratorium. Alat ini memiliki fungsi utama untuk mengukur viskositas. Apa itu viskositas? Viskositas merupakan kekentalan zat cair. Pada zat cair, sifat ini menjadi ukuran untuk menentukan nilai perlawanan atas tegangan geser dari hasil pergeseran benda. Umumnya viskositas ini terjadi karena interaksi antar molekul dalam cairan akibat adanya gerakan atau aliran.

Dalam praktiknya, kekentalan zat cair dibagi menjadi dua, kekentalan dinamik (kadang disebut juga sebagai kekentalan absolut) dan kekentalan kinematis. Kekentalan zat cair dapat menjadi indikator apakah sebuah zat cair ideal atau tidak. Zat cair yang ideal seharusnya tidak memiliki kekentalan. Untuk itulah keberadaan viskometer sangat penting di laboratorium, terutama laboratorium yang media kerja utamanya adalah zat cair.

Cara kerja viskometer

Meski saat ini viskometer sudah memiliki beragam tipe dengan kegunaannya masing-masing, pada dasarnya cara kerja viskometer tetap sama. Alat ukur ini mengukur tingkat viskositas atau kekentalan zat cair. Secara sederhana, viskometer mengukur viskositas dengan melihat kecepatan cairan mengalir melalui gelas kapiler (pipa berbahan gelas dengan diameter kecil).

Apabila sebuah cairan mengalir dengan cepat melalui gelas kapiler, maka bisa dipastikan tingkat viskositasnya rendah (cair). Namun jika sebuah cairan mengalir lambat saat dialirkan melalui gelas kapiler maka tingkat viskositasnya bisa dibilang tinggi (kental). Walau begitu, saat ini viskometer modern telah menambahkan beberapa faktor pengukur agar hasil yang didapat bisa lebih akurat.

Kegunaan viskometer

Ada banyak kegunaan viskometer dalam kehidupan. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kekentalan zat cair dapat menjadi indikator apakah zat cair termasuk ideal atau tidak. Hal ini sangat berguna untuk industri air mineral. Perusahaan air mineral dapat memanfaatkan viskometer untuk mengetahui apakah produk mereka termasuk zat cair ideal.

Di sisi lain, viskometer juga dapat dimanfaatkan oleh industri otomotif, terutama mereka yang menjadi produsen oli kendaraan Viskometer dapat dimanfaatkan oleh para produsen oli kendaraan untuk mengetahui tingkat kekentalan produk mereka agar sesuai dengan standar yang kendaraan bermotor.

Jenis-jenis viskometer

Ada beragam jenis viskometer. Namun yang paling sering digunakan ada tiga jenis, yakni Viskometer Ostwald, Viskometer Hoppler, dan Viskometer Cone and Plate. Berikut penjelasan singkat tentang ketiganya.

1. Viskometer ostwald

Sebuah viskometer yang cara penggunaanya adalah dengan mengukur waktu yang diperlukan cairan untuk mengalir. Lebih spesifik, viskometer mengukur durasi yang dibutuhkan cairan untuk melewati tanda tertentu. Kalibrasi viskometer jenis ini cukup dengan menggunakan air yang memang sudah diketahui level viskositasnya.

2. Viskometer hoppler

Viskometer hoppler bekerja dengan mengikuti hukum Stokes. Artinya, viskositas dapat diketahui dengan menjatuhkan sebuah benda pada suatu zat cair. Benda yang digunakan untuk eksperimen tentunya benda yang sudah diketahui ukurannya dengan pasti. Viskometer hoppler juga mempertimbangkan gaya gravitasi serta gaya gesek dalam penghitungannya.

3. Viskometer cone and plate

Jika dibandingkan dengan dua viskometer sebelumnya, bisa dibilang viskometer cone and plate inilah yang paling canggih. Anda cukup menyertakan sampel dalam volume kecil saja, alat ini sudah dapat mengukur level viskositasnya dengan presisi.

Viskometer adalah instrumen laboratorium untuk mengukur viskositas. Alat ini sangat penting karena dapat menunjang eksperimen yang berkaitan dengan cairan. Anda bisa mendapatkan viskometer sesuai dengan kebutuhan melalui Infiniti Bioanalitika Solusindo (IBS). Sebagai distributor alat laboratorium di Indonesia, kami siap memenuhi beragam keperluan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.