pcr hood

PCR Hood: Jenis dan Fungsinya!

Saat pengerjaan sampel di laboratorium PCR dibutuhkannya lingkungan yang terbebas dari kontaminasi. Pasalnya, pekerjaan tersebutb cukup sensitif  sehingga perlu melibatkan segmen, penyalinan, dan pengujian sampel DNA atau RNA. Salah satu, alat yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu PCR Hood.

PCR hood untuk Safety Cabinet

Lingkungan laboratorium PCR memerlukan kondisi lingkungan yang bebas dari kontaminasi. Sebab, jika lingkungan sekitar laboratorium terkontaminasi mengakibatkan hasil yang didapatkan tidak akurat sehingga tidak dapat diandalkan, biaya operasi  menjadi tinggi, dan terdapat waktu yang terbuang.

Lalu, PCR hood ialah ruang kerja yang menyediakan kondisi lingkungan steril ketika akan melakukan amplifikasi DNA/RNA dan melindungi sampel dari kontaminasi silang.  Karena itu, design yang dimiliki berbentuk tertutup di ketiga sisinya.

Pun, di dalamnya terdapat lampu UV yang digunakan untuk sterilisasi. Laboratorium genetik dan biologi kerap menggunakan PCR hood untuk penanganan sampel.

Dengan demikian, PCR hood menjadi diperlukan tiap laboratorium yang di dalamnya menggunakan instrument PCR. Jenis dari PCR hood sendiri, beraneka ragam sehingga dapat digunakan atau disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan laboratorium.

Instrumen PCR hood yang terdapat di Infiniti Bioanalitika Solusindo, di antaranya, PCR Clean Air Bubble dan PCR Still Air Bubble. Tidak hanya itu, terdapat beberapa alat yang umum digunakan untuk menyediakan udara yang bersih agar sampel tetap terjaga dan terhindari dari kontaminasi, misalnya Safty bubble dan Glove bubble.

Perbedaan antara keempat jenis alat tersebut dipaparkan di bawah ini. Berikut penjelasannya.

  • PCR Clean Air Bubble, perangkat yang dirancang untuk menyediakan lingkungan udara bersih karena dilengkapi HEPA filter, nyaman digunakan untuk persiapan reagen PCR dan  mudah dibersihkan, Adanya, fitur lampu UV-C yang berfungsi untuk bio-dekontaminasi secara efektif. Bahkan, terdapat HEPA filter yang bekerja untuk menyaring udara di laboratorium melalui sistem filter dua tahap, kemudian aliran udara selalu dipantau untuk memastikan tidak adanya kontaminan udara yang memasuki enklosur.
  • PCR Still Air Bubble, alat yang digunakan untuk menyediakan area penanganan sampel tertutup agar tidak adanya kontaminan yang memengaruhi preparasi reagen PCR. Berikutnya, tiap selungkup dilengkapi dengan lampu UV-C untuk melakukan bio-dekontaminasi permukaan area kerja sebelum maupun setelah digunakan.
  • Safety Bubble, untuk melindungi operator dan lingkungan laboratorium dari paparan uap kimia dan partikulat di udara.
  • Glove Bubble, kerja yang terpasang di atas meja, dirancang untuk menyediakan lingkungan tertutup untuk sampel dan menawarkan kontrol atmosfer secara internal. Glove Bubble adalah sistem yang sepenuhnya portabel dengan sambungan gas dan menggunakan sarung tangan.

Infiniti Bioanalitika Solusindo merupakan perusahaan distributor alat laboratorium juga menyediakan PCR Hood dari Lab Bubble. Dapatkan penawaran lainnya dengan menghubungi kami di sini

 

Reference

oshatrain.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.