Pengertian dan contoh sentrifugasi

Pengertian Sentrifugasi dan Jenis Alatnya

Pengertian Sentrifugasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memisahkan suatu campuran. Sentrifugasi ialah proses pemisahan partikel berdasarkan berat partikel tersebut terhadap densitas layangnya (bouyant density). Dengan adanya gaya sentrifugal maka akan terjadi perubahan berat partikel dari keadaan normal pada 1 xg (sekitar 9,8 m/s2 ) menjadi meningkat seiring dengan kecepatan serta sudut kemiringan perputaran partikel tersebut terhadap sumbunya. Pada proses sentrifugasi, partikel yang memiliki densitas lebih tinggi akan bergerak kebawah dan membentuk sendimentasi yang biasa disebut pellet dan partikel yang memiliki densitas lebih rendah akan bergerak keatas yang umumnya disebut supernatan. Pemisahan sentrifugal menggunakan prinsip dimana objek diputar secara horizontal pada jarak tertentu. Apabila objek berotasi di dalam tabung atau silinder yang berisi campuran cairan dan partikel, maka campuran tersebut dapat bergerak menuju pusat rotasi, namun hal tersebut tidak terjadi karena adanya gaya yang berlawanan yang menuju kearah dinding luar silinder atau tabung, gaya tersebut adalah gaya sentrifugasi. Gaya inilah yang menyebabkan partikel – partikel menuju dinding tabung dan terakumulasi membentuk endapan.

 

Baca juga: Penjelasan mengenai sentrifugasi darah

Sentrifuge

Pengertian Sentrifuge atau centrifuge adalah salah satu alat yang menggunakan prinsip sentrifugasi. Didalam sentrifuge terdapat sebuah rotor yang berfungsi sebagai tempat tabung yang didalamnya terdapat larutan yang ingin dipisahkan. Rotor ini yang akan berputar sehingga dapat memisahkan cairan yang ada di dalam tabung berdasarkan berat jenisnya. Dibawah ini terdapat beberapa jenis sentrifuge dan penngertian, yaitu:

  • General Purpose Centrifuge

Jenis sentrifuge ini biasanya dapat diletakkan diatas meja. Sentrifuge memiliki range kecepatan yang cukup rendah, biasanya berkisar di 0-5000 rpm dengan kapasitas tabung berkisar di 5-100 mL.

  • Microcentrifuge

Microcentrifuge ini merupakan jenis sentrifuge yang memiliki bentuk atau ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis sebelumnya karena sentrifuge ini dapat menampung kapasitas tabung yang lebih kecil yaitu 0,5-2 mL. Tetapi kecepatan yang dimiliki untuk jenis sentrifuge ini lebih tinggi dari general purpose centrifuge, berkisar di 0-14000 rpm.

  • Speciality Centrifuge

Sentrifuge jenis ini memiliki fungsi yang lebih spesifik dibandingkan dengan 2 jenis sentrifuge sebelumnya. Mikrohematokrit sentrifuge dan blood bank sentrifuge termasuk kedalam sentrifuge jenis ini. Sentrifge jenis in banyak digunakan dilaboratorium klinik darah.

  • Ultracentrifuge

Sentrifuge jenis ini biasanya berukuran lebih besar dibandingkan dengan sentrifuge jenis lainnya. Ultracentrifuge memiliki kecepatan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis sentrifuge lainnya. Keceptannya bisa mencapai 50000 rpm. Sentrifuge jenis ini banyak digunakan di laboratorium penelitian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.