spektrofotometri adalah

Pengertian Spektrofotometri dan Prinsip Kerjanya

Ilmu kimia adalah sebuah ilmu yang sangat luas dan terbilang tidak ada batasnya. Cukup banyak hal-hal bermanfaat yang muncul berkat adanya ilmu kimia. Selain itu, ada juga pengetahuan yang jauh lebih mendalam terkait dengan penelitian yang dilakukan. Ya, dalam kimia sendiri, selalu ada penelitian atau analisis yang dilakukan agar bisa mendapatkan satu hasil yang bermanfaat dan menambah pengetahuan juga. Salah satu analisis yang bisa digunakan adalah Spektrofotometri. Sebenarnya apa itu Spektrofotometri? Spektrofotometri adalah sebuah metode di dalam analisis kimia yang berguna untuk mengukur konsentrasi sampel secara kuantitatif.

Namun tidak berhenti disitu saja. Masih ada lagi penjelasan yang jauh lengkap dan panjang tentang Spektrofotometri. Selain itu ada juga prinsip kerja dari Spektrofotometri itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Spektrofotometri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Spektrofotometri adalah sebuah metode di dalam analisis kimia yang berguna untuk mengukur konsentrasi sampel secara kuantitatif. Namun dalam analisisnya, itu semua harus didasari dari interaksi materi dengan cahaya.

Biasanya, cahaya yang diserap oleh materi akan diukur. Sebutannya adalah Transmitans atau juga Absorbans. Dari namanya, memang terlihat bahwa itulah cahaya yang diserap oleh materi. Namun di dalam analisis berdasarkan Spektrofotometri, ada tiga daerah dari panjang gelombang elektromagnetik yang digunakan. Dimulai dar

  • Daerah UV (200-380 nm)
  • Daerah Visible (380-700 nm)
  • Daerah Inframerah (700-3000 nm)

Jadi dalam Spektrofotometri sendiri, hasil yang diolah sudah pasti memiliki pengukuran yang berbeda. Itu semua tergantung dari bagaimana cahaya yang diserap oleh materi lalu kemudian diukur. Agar bisa lebih maksimal lagi, maka perlu juga pengetahuan mendalam tentang prinsip kerja Spektrofotometri.

 Prinsip Kerja Spektrofotometri

Dalam analisa kimia, pasti selalu ada prinsip kerja yang dimiliki oleh masing-masing  metode. Untuk prinsip kerja Spektrofotometri sendiri, semuanya berdasarkan hukum Lambert-Beer. Jadi ketika cahaya monokromatik  masuk atau melalui sebuah media yang merupakan larutan, maka ada tiga hasil yang bisa terlihat. Pertama, sebagian cahaya tersebut akan diserap. Kedua, sebagian cahaya akan dipantulkan kembali. Ketiga, sebagian cahaya juga akan diteruskan.

Dalam prinsip kerjanya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa menghasilkan hasil analisa yang maksimal:

  • Radiasi yang dipakai sudah pasti harus monokromatik
  • Tidak adanya pengaruh molekul lain ketika sinar tersebut diserap oleh larutan yang juga memiliki molekul lainnya.
  • Radiasi yang diserap oleh sampel tidak akan menimbulkan reaksi kimia apapun
  • Larutan yang diukur harus benar-benar jernih. Hal ini harus dipenuhi agar tidak adanya hamburan cahaya yang disebabkan partikel-partikel koloid yang ada di dalam larutan.
  • Konsentrasi analit harus termasuk rendah. Jika tinggi, maka bisa mengganggu kelinearan dari grafis absorbansi yang beradu dengan konsentrasi.

Alat Untuk Spektrofotometri

Untuk bisa menjalankan analisis Spektrofotometri, maka dibutuhkan alat bernama Spektrofotometer. Spektrofotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi dengan metode khusus, melewatkan cahaya pada panjang gelombang tertentu pada suatu obyek dari kaca atau kuarsa. Obyek ini dikenal juga dengan istilah kuvet.

Karena Spektrofotometer adalah alat yang begitu penting, maka sudah tentu fungsinya pun demikian. Dari ulasan sebelum ini, dapat disimpulkan bahwa fungsi Spektrofotometer adalah melakukan analisis serta penghitungan seberapa besar konsentrasi senyawa yang terkandung pada sampel tertentu.

Alat ini menjadi penting untuk mengetahui kandungan-kandungan penting dalam sampel yang diperlukan dalam banyak industri. Beberapa di antaranya seperti industri medis, industri pangan, dan industri kecantikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *