Penjelasan Lengkap Tentang Sentrifugasi Darah

Penjelasan Tentang Sentrifugasi Darah, Lengkap dan Informatif!

Darah memang menjadi bagian penting dalam tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bagian darah yang utama di antaranya adalah plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, hingga trombosit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk sesekali memeriksakan darah agar terhindar dari penyakit. Salah satu teknik pemeriksaan darah ini dengan menggunakan teknik sentrifugasi. Sentrifugasi adalah pengambilan sampel darah untuk diperiksa. Bagaimana cara kerjanya dan seluk-beluknya, simak ulasanya berikut.

Apa itu sentrifugasi?

Secara garis besar, sentrifugasi adalah teknik pemisahan serum dengan cara pengambilan darah vena. Bagian darah yang digunakan untuk tes sentrifugasi terlebih dahulu akan dibiarkan membeku selama kurang lebih 15 menit. Lalu, akan diproses pada sebuah alat sentrifugasi dengan kecepatan tinggi. Bahkan kecepatannya sendiri mampu menghasilkan dua ribu hingga tiga ribu rotasi per menit selama 15 menit.

Kemudian, serum yang didapat tersebut akhirnya dapat dipisahkan. Langkah selanjutnya adalah dokter akan memeriksa kadar glukosa darah tersebut melalui fotometrik. Serum-serum tersebut diukur berdasarkan beberapa kategori dalam sentrifugasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bahan masih dalam keadaan normal dan memiliki fungsi di dalam sebuah sirkulasi
  • Kategori selanjutnya adalah bahan dari hasil metabolit.
  • Lalu, bahan yang dikeluarkan dari sel karena kerusakan maupun kelainan premeabilitas maupun kelainan properasi pada sel.
  • Ada pula kategori yang diukur berdasarkan obat dan zat toksiknya.

Cara kerja mesin sentrifugasi

Dari poin di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sentrifugasi adalah proses pemutaran sampek darah dengan sebuah mesin yang memiliki kecepatan tinggi atau disebut mesin sentrifugal. Mesin atau alat sentrifuasi ini pun bermacam-macam tergantung pada jenisnya. Ada yang sifatnya umum dan digunaka untuk pemisahan sampel dengan bahan yang padat dan tidak larut. Selanjtunya adalah mesin atau alat sentrifugasi yang digunakan khusus dalam memisahkan komponen hematokrit maupun sampel serologi.

Lalu, cara kerja alat sentrifugasi juga beragam dan ditentukan oleh kecepatan rotornya di dalam melakukan sebuah putaran. Lama durasinya juga bergantung pada proses sentrifugasi dan sampel yang akan diproses dan dilihat hasilnya. Proses sentrifugasi yang terlalu sebentar akan membuat sampelnya belum terpisah dari komponen utamanya. Inilah yang akhirnya membuat sampel tidak akurat. Namun, untuk proses yang terllu lama bisa menimbulkan potensi sampel rusak.

Akan tetapi, proses maupun cara kerja di atas tergantung pula pada sampel maupun alat yang digunakan. Maka dari itulah sebaiknya petugas medis haruslah paham dalam mengenali peralatan yang digunakan. Termasuk tujuan sentrifugasi itu sendiri serta mengenali sampel mau[un tabung yang akan digunakan.

Pemeriksaan hematokrit dengan teknik sentrifugasi

Seperti disinggung dalam poin di atas, sentrifugasi khusus dapat digunakan untuk proses hematokrit atau pengukuran jumlah sel darah merah. Khususnya jika muncul gejala-gejala penyakit khusus. Bagi pasien yang ingin memeriksa kadar hematokrit memang tidak memerlukan persiapan yang khusus. Sebab, pada umumnya proses pengambilan sampel darah akan terasa sedikit nyeri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ini akan segera hilang.

Meski begitu, pemeriksaan sentrifugasi hematokrit di sisi lain juga memliki risiko tersendiri bila tidak ditangani dengan baik. Semisalnya saja dapat menyebabkan komplikasi. Ini bisa dilihat seperti darah yang masuk di dalam kulit maupun memar, maupun pendarahan yang sulit berhenti. Kejadian seperti ini sangat jarang terjadi bila semua prosedur dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai aturan yang ada. Hasil pemeriksaan hematokrit sendiri dipengaruhi beberapa faktor seperti kecepatan alat sentrifugasi darah, waktu sentrifugasi, kesalahan pemeriksaan, tahapan pra analitik, tahapan analitik dan tahap pasca analitik.

Jadi, kesimpulannya ialah sentrifugasi adalah hal yang cukup penting dalam dunia medis untuk memeriksa kadar darah dalam tubuh seseorang. Itulah beberaa hal tentang sentrifugasi darah dan semoga menambah wawasan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.