Perbedaan deep freezer dan chest freezer

Perbedaan Deep Freezer dan Chest Freezer

Freezer sangat banyak digunakan oleh banyak kalangan. Freezer memiliki fungsi untuk mendinginkan serta membekukan berbagai macam hal di dalamnya. Freezer adalah tempat penyimpanan bahan makanan atau bahan lainnya yang membutuhkan suhu dingin. Suhu pada freezer dapat beragam bahkan bisa mencapai -80°C. Pemilihan range suhu untuk freezer dapat disesuaikan dengan bahan yang akan disimpan di dalam freezer. Freezer dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau dalam bidang medis untuk menyimpan sampel atau reagen.

Terdapat berbagai macam jenis freezer. Freezer dapat dibedakan melalui beberapa faktor
seperti :

  • Bentuk fisik dan posisi pintu
  • Kapasitas
  • Range suhu
  • Laju pergerakan es

 

Saat ini tersedia 2 macam tipe freezer yang sering temukan di pasaran yaitu Deep Freezer dan Chest Freezer. Apa yang membedakan deep freezer dan chest freezer?

Deep Freezer

Perbedaan pertama yang sangat terlihat adalah posisi dan cara membuka pintu freezer. Deep freezer memiliki pintu di depan, dibuka dari depan. Bentuk fisik dari freezer ini adalah meninggi atau merdiri tegak. Kita dapat memilih freezer dengan bentuk seperti ini jika tempat yang kita miliki terbatas, karena freezer ini tidak memerlukan banyak ruang. Dari segi kapasitas freezer jenis ini memiliki kelemahan dibandingkan dengan chest freezer. Umumnya deep freezer memiliki range kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan chest freezer. Penataan untuk bagian dalam freezer juga berbeda karena memiliki bentuk yang berbeda. Range suhu yang dimiliki deep freezer beragam mulai dari -20°C, -40°C bahkan sampai -80°C. Stabiltas suhu untuk deep freezer lebih cepat mengalami kenaikan suhu jika pintu dibuka. Karena pada saat pintu dibuka, udara dingin dari freezer lebih mudah keluar disebabkan oleh bentuk freezer yang dibuka dari depan.

 

Chest Freezer

Jika deep freezer memiliki posisi pintu di depan, chest freezer memiliki pintu di bagian atas sehingga untuk membuka freezer ini pintu ditarik ke arah atas. Bentuk fisik dari freezer ini melebar ke samping. Sehingga ruang yang diperlukan untuk freezer ini pun lebih banyak dibandingkan dengan deep freezer. Dari segi kapasitas, chest freezer memiliki keunggulan. Pada umumnya freezer jenis ini memiliki range kapasitas yang lebih besar dibandingkan deep freezer. Tidak ada perbedaan dari segi range suhu. Range suhu yang dapat kita temui untuk chest freezer juga beragam mulai dari -20°C, -40°C bahkan sampai -80°C. Stabilitas suhu
untuk chest freezer lebih baik dibandingkan dengan deep freezer. Freezer ini dibuka dari atas, sehingga tidak banyak udara dingin yang keluar dari dalam freezer yang dapat menyebabkan kenaikan suhu yang signifikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *