rotary evaporator

Rotary Evaporator: Pengertian, Fungsi dan Bagiannya

Rotary evaporator adalah salah satu peralatan laboratorium yang berfungsi untuk memisahkan pelarut (solvent) dari sebuah larutan. Namun tidak hanya berhenti di situ saja. Masih ada informasi lengkap mengenai peralatan laboratorium ini. Penasaran dengan seluruh informasinya? Temukan jawaban selengkapnya bersama IBS di bawah ini.

Pengertian Rotary Evaporator

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rotary evaporator adalah alat laboratorium yang mampu memisahkan pelarut dari larutannya. Dari penjelasan sederhana ini, sudah terlihat bahwa peralatan terhitung cukup unik. 

Sebenarnya nama alat ini diambil dari dua kata yang berarti berputar/berotasi (rotary) dan proses evaporasi (evaporator). Evaporasi sendiri merupakan proses menguapnya pelarut dari cairan akibat proses pemanasan. Proses ini bisa dibuat dengan dua jenis, yaitu buatan dan alami. Tujuan dari evaporasi adalah memekatkan konsentrasi larutan sehingga bisa didapatkan cairan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan penjelasan ini, maka pengertian dari rotary evaporator adalah alat yang berguna untuk membantu proses evaporasi menjadi lebih maksimal.

Fungsi Rotary Evaporator

Fungsi rotary evaporator yang paling utama adalah memisahkan pelarut dari larutan untuk mendapatkan konsentrasi cairan yang lebih tinggi. Sebenarnya alat ini dapat bekerja lebih maksimal jika disertai dengan vakum. Kombinasi keduanya dapat mempersingkat waktu ekstraksi dan evaporasi. 

Perlu digarisbawahi bahwa pelarut yang dipisahkan dari larutan tidak selamanya berupa air. Bisa juga menjadi cairan lain, seperti aseton. Selain itu, titik didih masing-masing pelarut pun harus diketahui juga karena dapat memengaruhi aplikasi serta pengaturan suhu pada bagian bernama water bath.

Baca Juga: Kenali Berbagai Alat Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Alat rotary evaporator ini tidak hanya dapat digunakan untuk penelitian dalam industri yang jauh lebih besar dan serius. Rotary evaporator juga sering digunakan dalam bidang pendidikan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik. 

Bagian-bagian Rotary Evaporator

Total ada lima bagian dari rotary evaporator yang perlu untuk Anda ketahui masing-masing fungsinya. Berikut ulasannya.

1. Labu Alas Bulat

Labu alas bulat bisa jadi menjadi bagian rotary evaporator yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat luas. Dari segi namanya pun unik. Tugas utama bagian ini adalah menampung larutan yang akan mendapatkan proses evaporasi. Bentuknya memiliki alas bulat karena akan direndam pada chamber water bath. Bagian mulutnya memiliki bentuk khusus agar bisa dipasangkan pada main unit dengan kemampuan kedap udara. Jika diperhatikan lebih seksama, bentuknya seperti bohlam lampu.

2. Chamber Water Bath

Chamber water bath adalah bagian untuk menampung air dan digunakan sebagai proses pemanasan labu alas bulat. Suhu bagian ini dapat diatur dengan angka maksimal 95 derajat Celcius.

3. Labu Pelampung

Labu pelampung merupakan wadah yang dapat digunakan untuk menampung uap pelarut dari hasil penguapan akibat proses pemanasan di dalam water chamber. Pemasangan labu pelampung sering menggunakan penjepit agar dapat dipasang-lepas juga. 

4. Kondensor

Kondensor adalah bagian dari rotary evaporator dengan material kaca. Bentuknya bisa spiral atau melingkar. Bagian ini terhubung ke pompa vakum agar bisa menurunkan suhu uap sehingga terjadi proses kondensasi dan mampu tertampung di labu pelampung.

5. Main Unit

Sesuai namanya, main unit adalah bagian utama dari rotary evaporator dengan berbagai macam frame penyangga, panel operasional, serta beberapa tuas lainnya. Beberapa jenis rotary evaporator memiliki panel operasional yang terhubung, tapi juga ada yang terpisah.

Sekarang Anda telah memahami pengertian, fungsi, dan bagian-bagian dari rotary evaporator. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika membutuhkan peralatan laboratorium terlengkap dan berkualitas, hubungi IBS sekarang juga. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.