viskometer brookfield adalah

Viscometer Brookfield untuk Pengukuran Zat Cair di Laboratorium Kimia

Laboratorium kimia dikenal dengan tempat yang digunakan untuk melakukan suatu penelitian terhadap benda-benda kimia. Banyak alat penelitian yang terdapat di laboratorium kimia. Salah satu alat penting yang harus terdapat di laboratorium kimia adalah viscometer. Viscometer digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat viscositas.

Viscositas yaitu tingkat kekentalan pada cairan. Interaksi yang terjadi pada molekul cairan karena adanya gerakan yang akhirnya membentuk tingkat viscositas. Viscositas mengalir melalui suatu pipa yang disebut pipa gelas.

Tingkat viscositas dapat dilihat dari gerak aliran cairannya, apabila cairan mengalir dengan cepat maka tingkat viscositas dari cairan tersebut bersifat rendah. Namun ketika cairan mengalir dengan lambat maka tingkat viscositas dapat dikatakan tinggi. Cara mudah untuk mengukur gerak laju aliran dapat menggunakan tabung silinder.

Pengukuran inilah yang menggunakan viscometer. Viscositas tidak dapat diukur tanpa menggunakan viscometer. Hal ini yang menjadikan viscometer sangat penting terutama untuk alat laboratorium kimia yang sering melakukan penelitian terhadap zat cair. Lalu apa saja manfaat viscometer dan bagaimana cara kerja viscometer di laboratorium? Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Viscometer

Viscometer memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Tingkat kekentalan suatu cairan sangat penting untuk diukur supaya dapat diketahui apakah zat cair tersebut termasuk cairan yang ideal atau tidak. Salah satu perusahaan yang menggunakan viscometer sebagai alat dalam produksinya yaitu perusahaan yang memproduksi air mineral. Perusahaan ini menggunakan viscometer untuk mengukur apakah produk air mineral mereka ideal atau tidak.

Berbagai jenis viscometer yang digunakan

Viscometer memiliki beragam jenisnya. Setiap viscometer memiliki cara kerja yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari penelitian tersebut. Terdapat empat jenis viscometer yang paling sering digunakan. Viscometer-viscometer tersebut yaitu Viscometer Brookefield atau yang sering disebut Viscometer Cone and Plate, Viscometer Ostwald, Vidcometer Hoppler, Viscometer Cup and Bob.

Namun yang paling modern dan canggih dari ketiga viscometer adalah Viscometer Brookefield. Penggunaannya yang sederhana tetapi mampu mengukur tingkat viskositas dengan akurat menjadikan viscometer ini menjadi viscometer yang paling banyak digunakan di laboratorium kimia.

Fungsi dan Cara Menggunakan Viscometer Brookefield

Viscometer Brookefield digunakan untuk mengukur tingkat viscositas dalam zat cair yang memiliki volume kecil. Hanya dengan menggunakan sedikit sampel kecil, Viscometer Brookefield dapat memberi hasil yang sangat presisi pada zat cair yang diuji. Hal ini yang menjadikan Viscometer Brookefield sangat banyak dipakai di laboratorium kimia. Selain itu, Viscometer Brookefield juga dapat menghemat waktu ketika proses mengisinya selama rentang masa percobaan. Alat ini juga memiliki temperatur yang lebih stabil dibandingkan alat lainnya.

Sebelum menggunakan Viscometer Brookefield, anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi hasil yang muncul. Hal-hal tersebut yaitu :

  • Ukuran dari sampel yang digunakan
  • Kebersihan dari plat dan juga kerucut
  • Ukuran dari partikel, bahan, dan juga tinggi rendahnya tingkat viscositas
  • Durasi waktu supaya sampel menstabilkan plat
  • Tipe cone supaya hasilnya lebih akurat
  • Rate pada sampel

Cara kerja viscometer ini juga cukup mudah. Yang pertama Anda harus lakukan adalah mengatur jarak plate dengan cone spindle sesuai dengan instruksi. Kemudian anda memilih standar viscositas antara rentang 10% sampai 100%. Lebih baik anda memilih standar nilai 10% dari Full Scale Range (FSR).

Setelah itu anda bisa memasukkan sampel yang akan digunakan ke dalam cup. Kemudian biarkan 15 menit supaya dapat mencapai suhu yang sudah diatur. Lalu anda bisa melakukan pengukuran. Setelah proses pengukuran selesai anda bisa mencatat hasil yang muncul mulai dari cP dan % Torque.

Dari ulasan yang ada di atas kita dapat mengetahui bahwa Viscometer Brookefield sangat penting untuk proses pengukuran zat cair di laboratorium kimia. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang sering melakukan penelitian di laboratorium.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *