Fungsi Erlenmeyer

[:id]Viscometer Adalah alat Ukur Kekentalan Cairan, Apa Manfaatnya ? [:]

[:id]Sederhananya, viscometer adalah alat ukur kekentalan cairan. Sedangkan viskositas merupakan ukuran penolakan cairan terhadap perubahan bentuk di bawah tekanan. Viskositas terjadi khususnya karena terdapat interaksi antara sejumlah molekul cairan. Yuk, mengenal viscometer bagi masyarakat awam dengan simak informasi di bawah ini!

Manfaat viscometer

Fungsi viscometer adalah mendeteksi viskositas cairan dalam pipa gas. Viskositas melakukan penggambaran terhadap penolakan dalam cairan terhadap aliran serta dapat digunakan sebagai cara mengukur gesekan cairan. Seperti yang mungkin sudah bisa Anda tebak, air mempunyai viskositas yang rendah, sementara minyak sayur mempunyai viskositas yang tinggi.

Setelah menyebutkan beberapa pengertian yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa viscometer merupakan alat uji yang dimanfaatkan untuk mengukur dan menganalisa tingkat kekentalan cairan. Viscometer dengan kemampuannya mampu mengukur tingkat kekentalan cairan dengan akurat dan spesifik sesuai standar yang sudah ditetapkan.

Jenis viscometer

Terdapat sejumlah viscometer yang penting diketahui masyarakat awam. Yaitu:

  • Viscometer ostwald

Jenis viscometer satu ini biasanya digunakan dengan cara mengukur waktu yang dibutuhkan bagi cairan untuk mengalir melewati dua tanda saat mengalir karena gravitasi lewat viscometer jenis ini. Anda dapat mengkalibrasi viscometer ostwald dengan cara menggunakan air yang telah diketahui tingkat kekentalannya.

  • Viscometer hoppler

Kekentalan suatu cairan juga dapat ditentukan dengan menggunakan viscometer hoppler. Cara ini berlandaskan humum stokes, yang berarti kekentalan cairan dihitung berdasarkan jatuhnya benda lewat medium cairan.

  • Viscometer cone and plate

Viscometer jenis ini merupakan alat ukur viskositas sebagai instrumen canggih yang berfungsi menentukan kekentalan absolut cairan dalam volume sampel kecil. Jenis viscometer ini juga memberikan presisi yang dibutuhkan bagi pengembangan data rheologi lengkap akurasi alat.

  • Viscometer cup and bob

Sampel dalam viscometer ini dimasukkan dalam ruang antara dinding luar bob dan dinding dalam cup yang sesuai dengan bob. Alat penguji kekentalan ini tersedia dalam bentuk yang berbeda, tergantung dari bagian yang berputar. Terdapat alat viscometer jenis ini yang menjadikan bagian rotornya berputar, dan ada pula yang menjadikan bagian cup-nya berputar.

Jenis viscometer lainnya

Ada beberapa jenis viscometer lain yang perlu juga Anda ketahui:

  • Viscometer kapiler (Capillary viscometers)

Juga dikenal sebagai viscometer tabung-u, viscometer kapiler meliputi variasi ostwald dan ubbelohde. Jenis viscometer ini mudah digunakan, terdiri dari tabung kaca berbentuk U dengan dua bola lampu (satu lebih tinggi dan satu lebih rendah). Cairan mengalir dari bohlam yang lebih tinggi ke bohlam yang lebih rendah melalui kapiler, dan viskositas diukur dengan menentukan waktu berapa lama fluida melewati tabung.

  • Viscometer piston jatuh (Falling piston viscometers)

Menurut Wikipedia, viscometer piston jatuh diciptakan oleh Austin Norcross, itulah sebabnya mereka juga disebut viscometer Norcross. Viscometer ini berfungsi dengan menggambar cairan yang diukur ke dalam silinder piston saat piston dinaikkan; waktu yang dibutuhkan piston untuk turun (time-of-fall seconds) karena hambatan fluida digunakan untuk menentukan viskositas. Produk ini mudah digunakan dan mudah dirawat, dan menawarkan masa pakai produk yang lama.

  • Viscometer rotasi (Rotational viscometers)

Viskositas rotasi mengukur viskositas dengan merendam gelendong yang berputar dalam fluida yang akan diuji. Jumlah daya (torsi) yang diperlukan untuk memutar spindel menunjukkan viskositas fluida, dan karena viscometer rotasi tidak menggunakan gravitasi untuk berfungsi, pengukurannya didasarkan pada tegangan geser internal cairan.

 

Baca Juga: Perbedaan pipet Ukur dan Pipet Volume [:]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *